Revell 1/144 F14A Black Tomcat

Price:180,000IDR
  • Revell 1/144 F14A Black Tomcat
    Revell 1/144 F14A Black Tomcat
  • Revell 1/144 F14A Black Tomcat parts 1
    Revell 1/144 F14A Black Tomcat parts 1
  • Revell 1/144 F14A Black Tomcat part 2
    Revell 1/144 F14A Black Tomcat part 2
  • Revell 1/144 F14A Black Tomcat engine detail
    Revell 1/144 F14A Black Tomcat engine detail
  • Revell 1/144 F14A Black Tomcat fuselage detail
    Revell 1/144 F14A Black Tomcat fuselage detail
  • Revell 1/144 F14A Black Tomcat drop tank
    Revell 1/144 F14A Black Tomcat drop tank

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia

Weapon separation test adalah fase yang penting dan berbahaya. Apalah artinya pesawat tempur kalau tidak bisa meluncurkan persenjataannya saat dibutuhkan. Hal ini terlihat sederhana, namun faktanya jauh dari itu. Saat dilepas bom/rudal akan mengalami banyak hal yang bisa mempengaruhi trayektorinya. Yang pertama adalah inersia, bom/rudal memiliki kecepatan awal yang sama dengan kecepatan saat dilepas dari pesawat. Lalu munisi akan terbang di udara, mengalami transisi dari boundary layer ke free stream dan ada kemungkinan terkena udara turbulen di sekitar pesawat. Attitude rudal/bom saat dilepas akan sangat mempengaruhi pergerakan awalnya di udara turbulen ini. Dorongan roket rudal memberikan dinamika tambahan pada situasi kompleks ini. Sistem pelepasan senjata yang tidak benar mengakibatkan gerakan awal yang salah, bom bisa salah sasaran, rudal sekalipun bisa keluar dari parameter sistem pemandunya. Yang lebih parah bom/rudal yang berat, keras, dan dijejali bahan peledak bisa menghantam pesawat pembawanya. Ini bukanlah kekhawatiran berlebihan, sudah terjadi beberapa kasus pesawat dihantam oleh munisinya sendiri karena proses pelepasan yang bermasalah. VX-4 adalah skuadron US NAVY yang bertugas menguji proses berbahaya ini. VX-4 memakai paint scheme overall flat black yang unik.   

Salah satu pesawat yang diuji oleh VX-4 adalah F-14 Tomcat. Fighter ini memiliki arsenal air-to-air luar biasa lengkap. Mulai dari active radar homing AIM-54 Phoenix, semi-active radar homing AIM-7 Sparrow, IR homing AIM-9 Sidewinder, sampai kanon gatling M61A1 20mm. Phoenix, Sparrow, dan Sidewinder punya bentuk, ukuran, dan parameter pelepasan yang berbeda. Hal ini diperumit lagi dengan fleksibilitas Tomcat untuk membawa beragam kombinasi rudal diatas. Wing glove station bisa membawa kombinasi Sidewinder-Sparrow atau Sidewinder-Phoenix. Di bawah fuselage bisa membawa sampai 4 Sparrow di semi submerged station, atau 4 Phoenix di pallet, atau bahkan kombinasi Sparrow dan Phoenix. Sidewinder perlu diluncurkan dengan mulus ke sasaran agar IR seeker tetap bisa mengunci targetnya. Sparrow perlu diluncurkan lurus ke depan agar sinyal panduan dari radar pesawat bisa bisa diterima rudal semi-active ini. Peluncuran Sparrow dari centerline semi-submerge station paling belakang termasuk beresiko tinggi. Pada proses ini Sparrow akan di “tendang” oleh meknisme peluncuran dan menyalakan mesinnya pada jarak cukup dekat dengan pesawat. Lalu Sparrow akan melesat parallel dengan pesawat pada jarak sangat dekat dari ekor sampai hidung Tomcat, dengan kecepatan tinggi, berat, dan banyak bahan peledak. Jika lintasan awal Sparrow kearah bawah atau samping, maka sinyal panduan dari radar Tomcat tidak bisa diterima oleh Sparrow, rudal akan terbang tanpa panduan. Jika lintasannya melenceng keatas, Sparrow bisa menghantam Tomcat peluncurnya sendiri. Konon sebuah Tomcat milik VX-4 tertembak jatuh oleh Sparrow-nya sendiri saat melakukan percobaan berbahaya ini. Harga yang mahal untuk sebuah uji coba, tapi hasilnya layak. Dengan pengujian ekstensif, sistem pelepasan yang aman, handal, dan akurat bisa ditemukan dan diaplikasikan ke seluruh armada. Meningkatkan keamanan dan efektifitas armada Tomcat US NAVY secara keseluruhan.        

Revell 1/144 F-14A Black Tomcat 

Dulu saya mengira bahwa Eurofighter Typhoon adalah mokit 1/144 terbaik keluaran Revell dan akan sulit mencari kit 1/144 sebaik itu lagi. Ternyata saya salah. Revell 1/144 F-14A Black Tomcat memiliki detil yang sekelas dengan Typhoon. Ini adalah sesuatu yang mengejutkan mengingat Revell membungkus kit istimewa ini dengan kotak yang biasa saja, bukaan samping standar Revell. Namun didalamnya terdapat segudang parts, tersusun dari 4 sprue reguler + 1 clear sprue. Revell serius mendisain kit ini untuk menjejalkan sebanyak mungkin detail pada model dengan panjang sekitar 13.4 cm ini. 

Satu-satunya kekurangan mokit ini yang berhasil kami identifikasi adalah pemakaian styrene hitam, bukan abu-abu seperti kit lain. Paint scheme VX-4 adalah overall black, sehingga mungkin Revell menggunakan styrene hitam untuk mempermudah pengecatan atau bahkan tidak perlu di cat. Namun saya dan mungkin sebagian modeler lebih menyukai styrene abu-abu biasa karena detailnya lebih bisa terlihat saat perakitan, lebih mudah dikoreksi jika terhapus. Warna abu-abu juga menyatu lebih baik dengan dempul yang umum digunakan untuk menyempurnakan sambungan. Untungnya Revell mencetak kit ini dengan styrene berkualitas baik, menghasilkan detil yang tajam.  

Seperti biasa, perakitan dimulai dari kokpit. Mirip dengan 1/72, Revell menyediakan cockpit tub, control stick, instrument panel, dan ejection seat dalam part terpisah. Istrument panel diperkaya dengan decal untuk tampilan realistis di skala 1/144. Breakdown kit ini mirip dengan kit Tomcat umumnya: front fuselage dibelah kanan kiri, rear fuselage dibelah atas bawah, dan intake terpisah. Sayap didisain untuk bisa digerakkan dengan sinkron. Revell menyediakan opsi untuk menampilkan Tomcat sedang terbang atau di darat. Landing gear door dicetak dalam 1 part untuk mempermudah pembuatan pose terbang. Landing gear door ini bisa dengan mudah dipotong untuk pose di darat. Landing gear dicetak dengan detil yang lengkap dan sangat memuaskan. Velg roda pendarat pun diperkaya relief detail. Kejutan lainnya ada di landing gear bay, area ini juga diperkaya relief detail. Revell juga menyertakan exhaust TF-30 yang sangat memuaskan untuk skala 1/144. 

Revell menyediakan load out air-to-air lengkap berupa sepasang drop tank, Sidewinder, Sparrow, dan Phoenix. Semua rudal dicetak dengan detil yang luar biasa untuk 1/144 dan semua fin dicetak dengan ketebalan konsisten. Kejutan tambahannya lagi, semua rudal dilengkapi dengan stencil dalam bentuk decal. 

Revell menyediakan dua opsi marking pada kit ini. Yang pertama adalah VX-4 dengan overall flat black dan logo white rabbit yang unik. Opsi VF-142 Ghostriders (high viz) juga tersedia dengan paint scheme yang lebih “normal”. 

Overall Revell 1/144 F-14A Black Tomcat adalah kit yang bisa mematahkan stigma bahwa 1/144 hanya untuk pemula. Level detail pada kit ini bisa dimanfaatkan oleh modeler berpengalaman untuk membuat masterpiece Tomcat 1/144. Modeler pemula pun bisa belajar banyak dari kit ini karena instruction sheet yang sangat detail. 

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia