Hasegawa 1/72 F15J Eagle JASDF Anniversary

Price:330,000IDR
  • Hasegawa 1/72 F15J JASDF Anniversary edition
    Hasegawa 1/72 F15J JASDF Anniversary edition
  • Hasegawa 1/72 F15J parts 1
    Hasegawa 1/72 F15J parts 1
  • Hasegawa 1/72 F15J parts 2
    Hasegawa 1/72 F15J parts 2
  • Hasegawa 1/72 F15J extra fine panel line
    Hasegawa 1/72 F15J extra fine panel line
  • Hasegawa 1/72 F15J exhaust petal and sway brace
    Hasegawa 1/72 F15J exhaust petal and sway brace
  • Hasegawa 1/72 F15J cockpit
    Hasegawa 1/72 F15J cockpit

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian atau outlet Tokopedia RumahMokit untuk memiliki kit ini dengan mudah.

Walau bermusuhan saat WWII, posisi Jepang sangat strategis untuk membendung pengaruh Soviet pada perang dingin. Sehingga Amerika tidak keberatan menjual fighter andalannya dalam jumlah signifikan ke Jepang, mulai dari Sabre, Starfighter, sampai Phantom. Saat F-15 mulai operasional, ada keinginan Jepang untuk memiliki fighter canggih ini. Penjualan F-15 ke Jepang akan meningkatkan kekuatan udara JASDF secara signifikan dan membawa manfaat ekonomi yang sangat besar ke Amerika. 

Namun F-15 adalah pesawat yang sangat canggih pada masa itu (bahkan sampai saat ini). Ada kekhawatiran dari congress pada penjualan teknologi terbaru yang sifatnya sensitif. Akhirnya kompromi dicapai dengan tetap menjual sejumlah besar F-15 ke Jepang, tapi tanpa perangkat perang elektronik sensitif seperti ECM dan RWR. Negara lain akan berpikir ulang saat menerima tawaran ini, untuk apa beli pesawat mahal kalau sistemnya tidak lengkap? Namun Jepang bukanlah negara kebanyakan. Mereka berencana membuat sendiri ECM dan RWR, dan mereka berhasil. Komparasi ECM dan RWR asli Amerika dan buatan Jepang sulit dilakukan, karena tidak mungkin semua rahasia perangkat sensitive dibuka ke umum. Yang pasti kemampuan asli ECM dan RWR hanya diketahui pembuatnya saja. Kerahasiaan ini adalah poin plus yang sangat besar dalam peperangan elektronika. 

Nilai ekonomi dari pembuatan ECM dan RWR bisa jadi tidak terlalu besar. Namun perangkat elektronika apapun untuk Aerospace & Defense perlu dibuat dengan standar lebih tinggi dari aplikasi lain. Ada banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari proses ini untuk diterapkan pada aplikasi lain. Hasilnya industri elektronika Jepang bisa ter-akselerasi berkat pembuatan ECM & RWR, dan akan membawa manfaat ekonomi jangka panjang yang sangat besar. 

Tidak hanya ECM dan RWR, Jepang bahkan meminta produksi dilakukan di dalam negri dengan lisensi, Airframe oleh MHI dan mesin oleh IHI. Jadi biarpun Jepang membayar mahal, tetap banyak sekali manfaat jangka panjang yang bisa diraih. Terutama pengembangan SDM ahli yang krusial untuk masa depan yang semakin mengandalkan teknologi. Banyaknya muatan lokal menyebabkan F-15 milik Jepang layak mendapat designasi baru : F-15J. 

Hasegawa 1/72 F-15J   

Hasegawa 1/72 F-15J ini adalah special edition dengan decal special. Namun yang special tidak hanya decal nya saja, part plastik kit Hasegawa ini juga sangat special. Satu-satunya kekurangan yang kami tangkap adalah semua sprue dibungkus dalam satu kantong, bersiko gesekan antar part saat pengiriman. Namun untungnya kualitas plastik Hasegawa sangat baik. Kalaupun ada part yang lepas, masih aman dalam kantong dalam yang tersegel. 

Walau terlihat sederhana, kit ini menyembunyikan detail luar biasa. Panel line beraliran recessed, dan dicetak sangat tipis khas Hasegawa. Dengan pengecatan yang tepat akan terlihat sangat realistis. Instrument dan side panel kokpit direpresentasikan dengan raised relief yang tajam dan detail. Hasegawa juga menyediakan instrument & side panel decal sebagai alternatif. Di belakang kokpit single seater terdapat avionic bay dengan detail yang tidak kalah bagus, akan sedikit terlihat saat canopy dipasang dalam pose terbuka. Canopy actuating mechanism juga dibuat dengan detail dan lengkap.

Hasegawa menyediakan ujung laras M61A1 gatling, memang tersembuyi di dalam tapi ini adalah sentuhan detail yang cukup bagus. Variable intake ramp disediakan dengan detail permukaan yang bagus. Hasegawa memang tidak menyediakan full intake trunking, tapi tersedia fan face yang akan terlihat bagus dari luar. Exhaust kompleks F-15J tanpa turkey feathers direpresentasikan dengan cukup baik oleh Hasegawa, lengkap dengan detil sisi dalam exhaust petal.

Seperti biasa, Hasegawa tidak menyediakan rudal pada kit ini. Modeler diarahkan untuk menggunakan weapons set untuk Sidewinder dan Sparrow, dan bahkan lebih baik lagi menggunakan JASDF weapons set untuk rudal khas Jepang terbaru. Tersedia parts yang cukup untuk membuat 4 drop tank. F-15 hanya mampu membawa sampai 3 drop tank, lumayan 1 untuk spare. Setiap drop tank dilengkapi decal untuk tampilan lebih akurat. Kejutan lainnya Drop tank dibawa dengan pylon yang bagus, lengkap dengan sway brace yang detail.  

Overall, kit ini adalah tipikal Hasegawa. Packing sederhana, parts terlihat biasa saja. Namun saat dilihat lebih dekat ternyata mengandung detail luar biasa. Fitting Hasegawa terkenal cukup bagus, cocok untuk modeler di semua level.

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian atau outlet Tokopedia RumahMokit untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.