Meng 1/35 King Tiger

Price:630,000IDR
  • Meng 1/35 King Tiger
    Meng 1/35 King Tiger
  • Meng 1/35 King Tiger parts 1
    Meng 1/35 King Tiger parts 1
  • Meng 1/35 King Tiger parts 2
    Meng 1/35 King Tiger parts 2
  • Meng 1/35 King Tiger parts 3
    Meng 1/35 King Tiger parts 3
  • Meng 1/35 King Tiger parts 4
    Meng 1/35 King Tiger parts 4
  • Meng 1/35 King Tiger track
    Meng 1/35 King Tiger track
  • Meng 1/35 King Tiger clear part
    Meng 1/35 King Tiger clear part
  • Meng 1/35 King Tiger sprocket
    Meng 1/35 King Tiger sprocket

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian untuk memiliki kit ini dengan mudah.

Konig Tiger 

Pada akhir WWII Hitler terobsesi dengan wonder weapons. Sejumlah besar resource dialokasikan untuk mengembangkan sistem senjata fantastis. Salah satunya adalah King Tiger, tank dengan performa luar biasa tapi juga butuh dukungan logistik luar biasa besar. 

Sejarah King Tiger bermula dari kekaguman Hitler terhadap tank berat Tiger yang mendominasi pertempuran dengan armor dan kanon super kuat. Kanon 88mm milik Tiger memang sangat kuat, tapi masih bisa diperkuat lagi. King tiger dilengkapi kanon 88mm dengan laras lebih panjang untuk menangkap energi propelan lebih baik. Hasilnya muzzle velocity lebih cepat, jangkauan lebih jauh, dan energi hantaman lebih tinggi. Menghasilkan tank dengan fire power jauh diatas lawannya.   

Selain fire power, protection juga ikut ditingkatkan. Tiger punya lapisan baja tebal, namun sebagian besar dipasang pada posisi vertikal. Kekuatan lapisan armor hanya setebal baja-nya saja. Efektifitas armor bisa ditingkatkan secara signifikan dengan memasang pelat baja pada posisi miring. Dengan konfigurasi ini lapisan baja yang efektif menahan laju peluru lebih tebal dari kulit tank nya sendiri. Sistem ini sudah terbukti sangat efektif pada Panther dan tank Soviet, ringan tapi kuat. Hasilnya sisi depan hull King Tiger didominasi pelat baja yang dipasang miring, mampu menahan nyaris semua hantaman peluru tank sekutu. 

Dengan keunggulan telak ini, apakah King Tiger mampu merubah jalanya perang? Ternyata tidak. Tank sekutu terus merangsek masuk ke territorial Jerman tanpa hambatan besar. Pertanyaannya adalah kenapa? 

Ada tiga parameter disain tank, yaitu: fire power, protection, dan mobility. Fire power dan protection King Tiger sangat baik, namun dibayar dengan bobot luar biasa besar. Bobot ekstra ini memberi tekanan besar pada mobilitas. Medan perang Eropa dibelah banyak sungai, dan tidak banyak jembatan yang mampu menahan bobot massif King Tiger. Gear box harus mampu menyalurkan tenaga besar untuk mendorong bobot besar king Tiger, sesuatu yang cukup sulit dibuat dengan kualitas konsisten dalam kondisi terdesak. Mesin King tiger harus bekerja sangat keras, sehingga rakus bahan bakar. Masalahnya bahan bakar semakin langka pada posisi Jerman yang sedang terdesak. Selain itu pabrik tank mendapat bombardemen gencar dari sekutu, sehingga jumlah King Tiger yang bisa diproduksi terlalu sedikit. 

Meng 1/35 King Tiger 

Dimensi kotak : 38x25x9 cm 

Semua kit tank keluaran Meng itu istimewa, tapi King Tiger ini lebih istimewa lagi. Meng membagi kit King Tiger dalam tiga set yang dijual terpisah. Set pertama adalah model basic tank yang diulas disini. Selain itu ada set untuk interior detail dan untuk workable track. 

Dengan set pertama, sebuah model King Tiger super detail bisa dibuat walau tanpa interior dan workable track. Kotak besar berukuran 38x25x9 cm dijejali penuh part. Body tank Meng memang terlihat sederhana, nyaris tidak ada molded on detail. Meng memilih mencetak detail kecil pada parts terpisah untuk menghasilkan tampilan lebih tajam dan realistis. 

Meng hanya menyediakan link and length track pada set ini. Tidak ada workable track yang bisa dipasang dengan pose lebih dinamis. Namun untuk membuat King Tiger di permukaan datar, link and length track yang disediakan sudah sangat detail. Link and length track terdiri dari track panjang untuk bagian datar dan individual track untuk bagian yang melengkung, sehingga jumlah part jauh lebih sedikit dari workable track. Hasilnya perakitan lebih cepat dan mudah. Meng juga menyediakan template untuk membuat track sagging di sisi atas dengan bentuk realistis.   

Meng menyediakan clear parts untuk tampilan lensa periskop yang lebih realistis. Sebuah PE fret besar disediakan untuk area yang butuh detail tajam seperti grills. Meng juga menyediakan figure komandan dan loader yang cukup detail. 

Overall kit ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk membuat King Tiger 1/48. Detail eksterior yang ditawarkan Meng di kit ini sangat memuaskan. Modeler bisa menambahkan interior set dan workable track set untuk model yang lebih sempurna lagi. 

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.