Airfix 1/48 Jackal

Price:200,000IDR
  • Airfix 1/48 Jackal
    Airfix 1/48 Jackal
  • Airfix 1/48 Jackal chassis
    Airfix 1/48 Jackal chassis
  • Airfix 1/48 Jackal parts 1
    Airfix 1/48 Jackal parts 1
  • Airfix 1/48 Jackal parts 2
    Airfix 1/48 Jackal parts 2
  • Airfix 1/48 Jackal parts 3
    Airfix 1/48 Jackal parts 3

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia

Real men use three pedals, or is it?

Si Bro              : Real men use three pedals bro, lu naek apa?

Jackal crew      : Gw naek matic brow

Si Bro              : wkwkwkwkwkwkwk

Jackal crew      : Matic gw 7.6 ton, 4WD

Si Bro              : Appaa

Jackal crew      : Bisa ngebut di medan apapun

Si Bro              : Appaaaaaaa

Jackal crew      : Biasa gw bawa jauh ke belakang garis pertahanan musuh

Si Bro              : Appaaaaaaaaaaaaaa

Jackal crew      : Gak pake cabin armor pula

Si Bro              : *pingsan sambil mulut berbusa

Konsep tanpa kabin mungkin terlihat aneh, apalagi kalau dibandingkan dengan armor tebal Humvee terbaru. Namun konsep ini sebenarnya mirip dengan jeep SAS pada WWII. SAS berpatroli jauh dibelakang garis pertahanan Jerman di Afrika Utara dengan jeep tanpa kabin. Mereka bergerak cepat dalam unit kecil yang sulit dideteksi. Hasilnya sangat efektif. Team SAS bisa menyusup ke pangkalan udara Luftwaffe, meledakkan banyak pesawat berharga di darat.

Tentu saja awak Jackal tidak benar-benar ter-ekspos. Perkembangan teknologi memungkinkan penambahan armor tanpa mengurangi mobilitas. Jackal dilengkapi armor kuat dibawah untuk bertahan terhadap ranjau dan IED. Selain itu pintu mobil juga cukup kuat untuk memberikan proteksi.

Open cabin memberikan situational awareness luar biasa. Tanpa kabin, pandangan awak nyaris tidak terhalang. Awak bisa mengidentifikasi ancaman lebih dini dan melakukan tindakan yang sesuai. Bisa dengan kontak langsung menggunakan senjata bawaan seperti senapan mesin 12.7mm, 7.62mm, atau 40mm automatic grenade launcher. Saat situasi tidak menguntungkan tersedia smoke grenade launcher untuk mengaburkan posisi kendaraan. Selain itu awak bisa memanfaatkan mobilitas luar biasa Jackal untuk menghindari kontak atau masuk ke posisi yang menguntungkan.

Mobilitas luar biasa Jackal berasal dari mesin diesel torsi tinggi dan suspensi canggih. Jackal bisa melewati medan berbatu, licin, berlubang, dan berlumpur dengan kecepatan tinggi. Akan cukup sulit membidik awak Jackal yang sedang bergerak cepat. Apalagi suspensi canggih Jackal mampu meredam goncangan dengan sangat baik, awak bisa membalas tembakan dengan akurat dari kendaraan stabil ini. Suspensi Jackal juga bisa direndahkan, kendaraan ini muat masuk ke kabin Chinook. Jackal bisa di drop dimanapun dengan Chinook, menyusup jauh ke belakang garis pertahanan musuh, mengumpulkan intel dan bahkan menetralisir titik vital lawan.

Airfix 1/48 Jackal

Dimensi box: 34x16x5 cm

Jackal berukuran kecil, apalagi di skala 1/48, namun Airfix membungkus kit ini dalam kotak yang cukup besar. Didalamnya terdapat 3 sprue yang mengisi penuh kotak tersebut. Setiap sprue dijejali part plastik yang dicetak dengan bersih dan kaya akan detail.

Perakitan dimulai dari kaki-kaki. Suspensi kompleks Jackal direpresentasikan dengan sangat baik oleh Airfix, termasuk as roda, rem, dan velg. Bentuk vee chassis juga dicetak dengan baik, termasuk detail panel dan rivet di permukaan chassis. Salah satu kekurangan kit ini adalah bentuk kembangan ban. Bentuk kembangan ban pada box art sudah akurat seperti aslinya. Sayangnya bentuk ini disederhanakan pada kit, mungkin karena terlalu kompleks untuk dicetak dengan part layout dan teknologi injection molding yang dimiliki Airfix. Modeler yang benar-benar ingin ban akurat bisa mencari aftermarket parts dari resin. Atau bisa juga menutupi area ini dengan weathering lumpur. 

Jackal adalah kendaraan tanpa kabin, semua detail terlihat langsung dari luar. Untungnya Airfix cukup berhasil pada area ini. Dashboard dicetak dengan detail yang baik dan diperkaya decal. Jok dan lantai kabin juga dicetak dengan detail. Kedua senapan mesin bawaan standar disediakan dengan bentuk memuaskan. Kedua pintu depan bisa dipasang dengan posisi terbuka atau tertutup.

Overall Airfix 1/48 Jackal adalah kit yang kompleks untuk model berukuran kecil. Airfix menjejalkan sebanyak mungkin detail dengan 3 sprue besar yang dirakit dalam 60 step. Dan detail sebanyak itu baru untuk mobil nya saja. Modeler bisa sctrach build atau menggunakan aftermarket parts untuk beragam muatan operasional misi. 

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia