KIttyhawk 1/48 Gripen

Price:880,000IDR
  • KH 1/48 Gripen Box
    KH 1/48 Gripen Box
  • KH 1/48 Gripen Parts
    KH 1/48 Gripen Parts
  • KH 1/48 Gripen Decal
    KH 1/48 Gripen Decal
  • KH 1/48 Gripen PE Fret
    KH 1/48 Gripen PE Fret
  • KH 1/48 Gripen Weapons
    KH 1/48 Gripen Weapons

Jika anda berminat, silahkan kunjungi prosedur pembayaran atau outlet Tokopedia RumahMokit

Main Parts : Styrene

Detail Parts : Photo Etched

Dimensi (cm) = 33 x 23 x 10

 JAS39 Gripen

Gripen mungkin bukan fighter terkenal. Negara penggunanya pun masih bisa dihitung jari. Tapi kalau melihat negara asalnya, Swedia, ada sesuatu yang menarik disini.

Soal peralatan militer, Swedia memang low profile tapi menyimpan potensi dashyat. Sebagai gambaran, generasi fighter sebelum Gripen, yaitu Viggen konon kabarnya mampu mencegat SR71 secara rutin. Padahal RCS SR71 sangat rendah, mampu terbang sangat tinggi, dan kecepatan mencapai MACH 3.

Posisi geografis ditengah blok barat dan timur adalah tantangan tersendiri yang dijawab Swedia dengan sistem pertahanan udara yang unik. Swedia mempunyai konsep pangkalan udara tersebar. Musuh boleh saja menetralisir pangkalan utama, tapi jangan merasa aman dulu. Fighter2 Swedia dapat bermunculan dari arah yang tak terduga. Mereka dapat take off dan landing dari jalan raya biasa yang relatif sempit, pendek dan non steril (dibandingkan dengan landasan udara). 

 Selain harus memiliki kemampuan STOL, strategi ini juga mensyaratkan fighter harus dapat dimaintain di pangkalan tersebar. Proses maintenance ini harus ekonomis, minimum man hour, dan harus dapat dilakukan dengan personnel, peralatan, dan infrastruktur minimal. Gripen adalah salah satu dari sedikit fighter di dunia yang memenuhi kriteria ini.

 Tak hanya itu saja, apalah artinya fighter tanpa arsenal mumpuni. Untuk soal ini, Gripen tidak ada masalah. Soal menggasak target di udara, gripen mampu membawa missil jarak dekat seperti sidewinder, IRIS-T, dan phyton. Untuk jarak medium pun tidak masalah, ada AMRAAM dan METEOR.

Sebagai pesawat multifungsi, gripen juga mampu melahap target di darat dan laut. Persenjataan presisi macam AGM65 Maverick, RBS15, dan GBU15 mampu dibawanya.

Jika semua itu masih kurang, masih ada sepucuk kanon Mauser 27mm. Kanon revolver dengan kaliber dan initial burst rate cukup tinggi yang efektif untuk dogfight atau menyerang armor di darat.

Kittyhawk 1/48 JAS39 Gripen 

Untuk model kit, nasib Gripen sayangnya sama dengan pesawat aslinya. So far baru ada 3 pabrikan besar yang berminat membuatnya. Ada Revell 1/32, Italeri 1/72 dan 1/48, dan terakhir ada Kittyhawk dengan 1/48.

 Model Gripen paling detil yang ada di pasaran saat ini adalah 1/48 keluaran Kittyhawk. Model ini beraliran recessed panel line. Belum sehalus hasegawa, tapi sudah sangat baik.

Ejection seat terdiri dari 5 parts dan 2 decal, hasilnya cukup oke out of the box, Instrument panel detail direpresentasikan dengan raised relief, suatu hal yang pantas untuk model 1/48. Cockpit fighter modern didominasi dengan layar display berukuan besar. Untungnya Kittyhawk menyediakan decal untuk merepresentasikan display di posisi ON. Tersedia PE parts untuk spion. Modeller yang suka pose canopy terbuka pun akan cukup puas.

 Mesin RM12 tersedia dalam bentuk disederhanakan. Mesin ini tersedia lengkap dari inlet sampai ke nozzle. Sayangnya kita perlu membuat sendiri intake trunking untuk menghasilkan detil internal yang lebih lengkap.  

 Mokit ini memiliki beberapa opsi tambahan. Nose cone dapat diposisikan terbuka, menampilkan antenna radar didalamnya. Selain itu refuelling probe dan airbrake dapat diposisikan deployed. 

 Salah satu kelebihan mokit ini adalah banyaknya persenjataan yang ada. Ada AIM9M, AIM120, Phyton IV, IRIS-T, AGM65, RBS15, dan GBU15. Semua juga sudah dilengkapi decal untuk marking.  

Semua senjata ini tidak akan muat dalam satu pesawat, sisanya akan jadi spare part yang berguna saat kita merakit mokit lain yang pelit senjata. 

 Mokit ini menyediakan 4 pilihan marking : test aircraft AU Swedia,  AU Hungaria, lalu ada AU Ceko dengan marking tiger di tailfin, dan terakhir ada AU Aftika Selatan dengan paint scheme diamond yang unik.   

Jika anda berminat, silahkan kunjungi prosedur pembayaran atau outlet Tokopedia RumahMokit