Pitroad 1/144 LCAC JMSDF

Price:470,000IDR
  • Pitroad LCAC JMSDF
    Pitroad LCAC JMSDF
  • Pitroad LCAC hull
    Pitroad LCAC hull
  • Pitroad LCAC PE and rubber skirt
    Pitroad LCAC PE and rubber skirt
  • Pitroad LCAC parts 1
    Pitroad LCAC parts 1
  • Pitroad LCAC parts 2
    Pitroad LCAC parts 2
  • Pitroad LCAC parts 3
    Pitroad LCAC parts 3
  • Pitroad LCAC parts 4
    Pitroad LCAC parts 4

SMS/WA 085693029246 untuk pembelian langsung

Marketplace : Tokopedia dan BukaLapak

Serangan amfibi frontal ala D-Day mungkin bukan pilihan utama ahli strategi modern. Walau pernah berhasil namun korban yang diperlukan terlalu banyak. Belum lagi sistem pertahanan pantai berupa meriam dan rudal semakin ringkas dan akurat. Dalam situasi ini armada kapal pendukung harus melepas elemen pendarat dari jarak cukup jauh dari daratan. Dan elemen pendarat harus bisa mengirimkan sejumlah besar pasukan berserta perangkat pendukungnya dengan cepat ke titik yang tidak diduga musuh.

Kapal pendarat konvensional mampu membawa sejumlah besar pasukan beserta kendaraan pendukungnya bahkan beberapa tank. Tapi kecepatannya cukup rendah dan hanya bisa mendarat di bagian pantai tertentu saja. Musuh yang pintar bisa menebak timing dan lokasi pendaratan untuk menyusun taktik pertahanan efektif karena dua keterbatasan ini.

Di sisi lain helikopter dan tilt rotor bisa bergerak jauh lebih cepat dan mengirimkan pasukan nyaris kemana saja. Musuh akan lebih sulit menebak timing dan lokasi pendaratan. Masalahnya heli dan tiltrotor sekalipun tidak mampu membawa tank, terutama sekelas MBT yang berbobot sekitar 60 ton.

Hovercraft seperti LCAC bisa menjadi pelengkap yang bagus. LCAC berukuran cukup besar untuk membawa sebuah MBT seperti Abrams. Saat tidak membawa MBT, dek LCAC cukup luas untuk membawa banyak pasukan atau banyak ranpur ringan. Mesin LCAC menembakkan sejumlah besar udara kebawah, membentuk bantalan udara yang diatahan oleh rubber skirt. Sehingga LCAC melayang diatas permukaan, bergerak dengan gesekan minim dan bisa mencapai kecepatan relatif tinggi. Selain cepat, LCAC juga aman dari sebagian besar ranjau bawah laut karena memang seluruh bagiannya ada diatas permukaan air. LCAC tidak hanya melayang diatas permukaan air, tapi juga diatas es dan daratan. Sehingga pilihan area pendaratan LCAC menjadi jauh lebih luas dari kapal pendarat konvensional. Saat mencapai daratan pun LCAC masih bisa bermanuver untuk menurunkan muatannya di titik yang paling menguntungkan. LCAC dilengkapi dua ramp door depan belakang untuk menurunkan muatannya dengan cepat agar bisa segera kembali ke landing ship untuk misi berikutnya.

Semua ini menjadikan LCAC memiliki fleksibilitas dan kecepatan mendekati helikopter dan kapasitas muatan mendekati kapal pendarat konvensional. Kurang lebih taktiknya adalah mengirimkan team pendahulu dengan persenjataan ringan via helikopter. Team ini akan mengamankan area pendaratan LCAC. Lalu LCAC berkecepatn tinggi dikirim untuk membawa perlengkapan yang lebih berat seperti sejumlah ranpur atau sebuah MBT. Pasukan ini sudah cukup kuat untuk bertempur atau mengamankan area pendaratan bagi landing ship konvensional yang lebih lambat tapi membawa lebih banyak muatan.

Selain untuk serangan amfibi, LCAC pernah diteliti untuk misi anti ranjau dan forward base heli. LCAC melayang diatas air, jadi aman terhadap sebagian besar ranjau bawah laut. Sehingga pernah ada ide untuk membuat versi minesweeper dari LCAC. Dek LCAC cukup luas dan menggunakan bahan bakar yang sama dengan heli Cobra. Pernah ada ide untuk menjadikan LCAC sebagai forward base untuk Cobra. Heli Cobra bisa mendarat di dek luas LCAC lalu disuplai bahan bakar dari tangki internal dan mungkin dipersenjatai kembali. Meningkatkan persistensi heli Cobra dalam mendukung operasi amfibi.

Jepang adalah negara selain AS yang menggunakan LCAC. Walau memiliki postur defensif, LCAC punya manfaat besar bagi Jepang. Negara ini rawan dan sering dilanda bencana tsunami. Pengiriman bantuan dengan kapal konvensional bisa terhambat oleh infrastruktur pesisir yang rusak disapu tsunami. LCAC punya fleksibilitas untuk mendarat di medan yang cukup berat sehingga bisa mengirimkan bantuan lebih cepat dan dekat kepada yang membutuhkan.   

Pit Road 1/144 LCAC JMSDF

1/144 termasuk skala besar untuk kit kapal. Pada skala sebesar ini modeler berharap detail lebih tajam dan tekstur permukaan lebih realistis. Bicara tekstur, Pitroad cukup berhasil dalam merepresentasikan bagian paling mencolok dari Horvercraft, yaitu rubber skirt dari bahan karet/vinyl lentur. Warna dan tekstur bahan ini cukup mirip dengan ruber skirt aslinya.

Pada skala sebesar ini jendela kabin akan terlihat jelas, mirip seperti canopy pesawat skala 1/144. Pitroad menyediakan jendela kabin dari clear parts agar terlihat bagus di 1/144. Di dalam kabin terdapat detail interior sederhana yang akan terlihat cukup bagus dari luar. Detail wiper jendela pun ikut disediakan dari bahan PE untuk ketajaman maksimum. Sejumlah besar PE juga disediakan untuk beragam grill yang butuh detail tajam.

Plastic parts kit ini juga dicetak dengan tajam dan bersih. Jumlah part yang disediakan terhitung sangat besar untuk menangkap sebanyak mungkin detail LCAC. Semua detail dilindungi oleh kantong plastik individual dan kotak yang kokoh.

LCAC 1/144  ini tidak hanya memiliki bentuk yang detail, tapi juga marking yang lengkap. Tersedia decal sheet besar berisi marking lengkap LCAC. Pemasangan dipandu dengan decal placement sheet full color raksasa.

Ada banyak opsi untuk memajang LCAC 1/144. Kit ini sudah cukup detail untuk dipajang individual ala full hull. Akan terlihat bagus diatas base kayu buatan sendiri. Selain itu LCAC yang bergerak dengan kecepatan tinggi juga akan menjadi diorama waterline dramatis. LCAC juga bisa beroperasi di pantai dan es, memperluas opsi diorama yang bisa dibuat. Pada kit ini hanya tersedia LCAC nya saja, tanpa ranpur atau tank. Tapi saat ini di pasaran banyak tersedia kit ranpur atau tank skala 1/144 dari bahan resin dengan detail luar biasa bagus. Kemungkinan diorama yang bisa dibuat dari kit ini menjadi sangat luas. Modeler bisa membuat beragam diorama unik dari LCAC super detail ini.  

SMS/WA 085693029246 untuk pembelian langsung

Marketplace : Tokopedia dan BukaLapak