Revell 1/144 Tornado ECR

Price:180,000IDR
  • Revell 1/144 Tornado ECR
    Revell 1/144 Tornado ECR
  • Revell 1/144 Tornado ECR fuselage
    Revell 1/144 Tornado ECR fuselage
  • Revell 1/144 Tornado ECR ejection seat
    Revell 1/144 Tornado ECR ejection seat
  • Revell 1/144 Tornado ECR nozzle
    Revell 1/144 Tornado ECR nozzle
  • Revell 1/144 Tornado ECR wing
    Revell 1/144 Tornado ECR wing

SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung

Marketplace: Tokopedia atau BukaLapak

Sejak Battle of Britain, radar memegang peranan vital dalam pertahanan udara. Radar bisa merambat jauh. Serangan bisa dibaca lebih dini sehingga pertahanan efektif bisa disiapkan dengan baik dalam bentuk fighter, SAM, ataupun AAA. Oleh karena itu beragam cara dilakukan untuk mengurangi efektifitas radar baik dengan terbang sangat rendah, ECM, dan stealth. Namun banyak pihak berpendapat bahwa cara terbaik untuk mengatasi radar adalah dengan mengirim sejumlah besar peledak ke stasiun radar tersebut.

Ada beberapa cara untuk melakukan hal diatas, seperti sabotase pasukan khusus, rudal jelajah, ataupun helikopter yang terbang rendah. Selain itu bisa juga dengan mengirimkan pesawat khusus untuk membungkam radar yang mampu terbang bersamaan dengan strike package. Biasanya pesawat tersebut adalah turunan dari pesawat striker agar memiliki performa yang kurang lebih sama dengan strike package. Amerika memakai Prowler yang turunan dari Intruder dan Growler yang turunan dari Super Hornet. Di sisi lain Atlantik, Jerman dan Italia memakai Tornado ECR yang merupakan turunan dari Tornado IDS. 

Sistem pada Tornado ECR didisain untuk memberikan estimasi posisi radar musuh dengan cukup akurat pada radar AGM-88 HARM. Outer wing pylons tersedia untuk membawa sepasang pod untuk pertempuran elektronik. Mempersulit targeting radar musuh dan melepas chaff/flare untuk mengecoh rudal. Inner wing pylon bisa membawa drop tank untuk menambah endurance sekaligus sidewinder untuk pertahanan diri. Di bawah fuselage ada tempat yang cukup untuk membawa sepasang AGM-88 HARM.     

Revell 1/144 Tornado ECR

Bagi yang sudah pernah merakit Revell 1/144 Tornado Marineflieger, mungkin akan tertarik merakit varian ECR ini. Kit ECR ini bukan sekedar beda decal atau load out, tapi merupakan cetakan baru dengan banyak kejutan. 

Perbedaan pertama ada di airbrake yang tidak bisa dibuka, dicetak menyatu dengan fuselage. Di satu sisi kita akan kehilangan pose dramatis Tornado sedang membuka airbrake. Tapi disisi lain akurasi sebenarnya meningkat karena biasanya saat airbrake dibuka flaps turun dan thrust reverser menutup, fitur yang tidak ada pada kit Tornado 1/144 normal. Pada kit ini airbake dicetak tertutup rapi dengan panel line yang tajam.

Kejutan berikutnya ada di area kokpit. Revell menyediakan detail blok layar dan bentuk umum instrument panel secara 3D, terlihat luar biasa bagus pada skala 1/144. Ejection seat dengan bentuk dasar bagus juga disediakan, tidak rugi untuk diberi detailing tambahan seperti seat belt. Control stick dcetak terpisah untuk detail lebih tajam. Instrument coaming backseater bentuknya cukup rumit, dan direpresentasikan dengan sangat baik menggunakan part terpisah. Suatu fitur yang umumnya baru ada pada kit 1/72 high end dan sekarang disediakan di 1/144.  

Modeler mungkin akan behenti sejenak untuk menikmati detail exhaust nozzle kit ini. Revell mencetak kedua nozzle menyatu dengan bagian belakang fuselage. Umumnya cetakan menyatu seperti ini kurang detail. Tapi Revell dengan sangat cerdas memilih breakdown dan posisi part dalam sprue untuk menghasilkan detail kompleks dan tajam pada satu part yang mudah dirakit. Bravo untuk Revell. Tantangan besar bagi modeler untuk mengecat part ini agar detail tadi tidak sia sia.

Revell juga membuka trend baru untuk kit 1/144 pada kit ini, yaitu opsi untuk memasang refueling probe di posisi terbuka. Refueling probe Tornado cukup kompleks, terdiri dari beberapa komponen, dan berhasil ditangkap dengan sangat baik pada kit ini. Ini pertama kalinya kami melihat opsi refuling probe se-detail ini di skala 1/144. Bagi modeler yang lebih suka membuat konfigurasi clean, instruction sheet juga menunjukkan dengan jelas cara memasang refueling probe pada posisi tersimpan.

Revell menyediakan mekanisme swing wing. Tapi kami menyarankan untuk mengelem mati sayap di posisi yang diinginkan mengingat posisi wing pylons juga di lem mati. Pada sayap tersedia drop tank, Sidewinder, dan sepasang ECM pod khas Tornado. Surface detail pada ECM pod kit ini terlihat luar biasa. Di bawah fuselage ada opsi untuk membawa sepasang HARM dengan fin yang dicetak cukup tipis dan tajam.

Dua kata untuk kit ini : Definitely Recommended.

SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung

Marketplace: Tokopedia atau BukaLapak