Dragon 1/35 M270A1 MRLS

Price:660,000IDR
  • Dragon M270A1
    Dragon M270A1
  • Dragon M270A1 track
    Dragon M270A1 track
  • Dragon M270A1 parts
    Dragon M270A1 parts
  • Dragon M270A1 hull
    Dragon M270A1 hull
  • Dragon M270A1 MG
    Dragon M270A1 MG
  • Dragon M270A1 cabin
    Dragon M270A1 cabin

SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung

Marketplace: Tokopedia atau BukaLapak

Roket adalah bentuk awal artilleri. Namun pada perkembangannya, peranan roket digeser oleh meriam yang lebih akurat. Kecepatan proyektil saat meninggalkan laras bisa diprediksi dari beberapa faktor seperti kekuatan propelan dan dimensi laras. Setelah keluar dari laras, proyektil akan menempuh lintasan parabola yang juga bisa diprediksi dengan cukup akurat berdasarkan kecepatan awal, sudut elevasi, drag proyektil, dan faktor atmosfer seperti kecepatan angin, suhu, dan kelembaban. Hasilnya adalah tembakan yang akurat dan konsisten.

Di sisi lain roket punya potensi jarak lebih jauh karena propelan dibakar secara kontinyu dalam penerbangan, menyediakan daya dorong dalam durasi lebih lama. Masalahnya cukup sulit untuk mendisain roket dengan daya dorong konsisten. Tanpa sistem pemandu, cukup sulit mengarahkan roket ke sasaran secara presisi. 

Pola pembakaran propelan secara kontinyu pada roket menghasilkan tekanan lebih rendah daripada ledakan propelan pada penembakan meriam. Sehingga tabung peluncur roket bisa dibuat lebih tipis dari laras meriam. Recoil dari peluncuran roket juga tidak sebesar penembakan meriam. Sehingga beberapa tabung roket bisa dikumpulkan dalam satu sistem multiple rocket launcher. Sejumlah besar roket bisa dilepas dengan salvo rapat dari sebuah sistem senjata berukuran kecil, menghasilkan firepower luar biasa besar dalam waktu singkat. 

US ARMY melanjutkan konsep multiple rocket launcher pada era modern dengan M270. Sistem ini memadukan peluncur roket dengan tracked chassis untuk mobilitas tinggi. M270 bisa menjangkau titik peluncuran dengan fleksibel. Disana peluncur roket bisa diarahkan dengan cepat dan presisi untuk meluncurkan sejumlah roket. Lalu M270 bisa segera bergerak ke titik berikutnya untuk menghindari deteksi musuh.

M270 membawa sejumlah roket dengan rapi pada kotak peluncur. 12 roket standar atau sepasang roket ATACMS besar bisa dibawa. Jumlah ini mungkin terlihat kecil. Tapi satu roket bisa membawa banyak sekali sub-munition yang bisa disebar di area luas. Pada perang teluk, M270 disebut “grid killer” karena sekali serang bisa menyapu area seluas 1x1 km atau satu grid dalam peta.

Roket dan sistem penembakan M270 terhitung akurat untuk MRLS, tapi tidak se-akurat artileri meriam. Target yang diincar M270 bukanlah pasukan mobile, tapi sasaran strategis yang statis. Markas komando, gudang bahan bakar, gudang persenjataan, posisi artileri, dan banyak target statis lain adalah sasaran bagi M270. Salvo roket akurat ke target bernilai tinggi tersebut akan mengacaukan strategi musuh.

Pada awalnya M270 memakai roket tanpa pemandu. Namun teknologi elektronika semakin maju. Sistem pemandu semakin akurat, kecil, handal, dan murah. Roket modern dari M270 bisa menghujani sasaran di jarak maksimum dengan akurat.

Dragon 1/35 M270A1

Track pada kit ini mengunakan disain link and length. Bagi pemula, mungkin terlihat rumit karena harus merakit track dari setiap mata atau segmen. Tapi sebenarnya prosesnya tidak sesulit itu. Cukup pastikan setiap part dipotong rapi dari sprue dan tempel pada posisi yang ditunjukkan di instruksi. Keuntungan metode ini adalah track dibuat dari plastik biasa, sehingga bisa dicetak dengan detail setajam area lainnya. Selain itu lem dan cat biasa bisa digunakan dengan mudah untuk track dari bahan plastik ini.

Dragon menyediakan interior kabin yang sangat detail. Clear parts disediakan dalam bentuk selembar plastik transparan yang bisa dipotong sesuai petunjuk skala 1/1 yang disediakan. Eksterior kabin juga detail dengan beberapa new tooled parts seperti AC dan senapan mesin.

Modeler bisa membuat beragam pose dinamis M270 dari kit ini karena Dragon menyediakan detail mekanisme peluncur roket yang cukup lengkap. Tabung peluncur roket juga disediakan lengkap dengan rangka pendukungnya. Peluncur roket dalam posisi bergerak, siap tembak, ataupun loading bisa dibuat dengan kit ini.

Tersedia dua pilihan decal untuk M270 milik US ARMY dan Jerman.

SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung

Marketplace: Tokopedia atau BukaLapak