Dragon 1/700 USS Long Beach

Price:420,000IDR
  • Dragon Long Beach
    Dragon Long Beach
  • Dragon Long Beach hull
    Dragon Long Beach hull
  • Dragon Long Beach parts
    Dragon Long Beach parts
  • Dragon Long Beach PE
    Dragon Long Beach PE

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia

Endurance luar biasa propulsi nuklir sangat berguna untuk kapal kombatan. Kapal induk yang butuh banyak tenaga dan kapal selam yang tidak bisa mengakses oksigen bebas sangat diuntungkan oleh propulsi ini. Tapi kapal induk dan kapal selam perlu didukung oleh kapal kombatan lain seperti cruiser, destroyer, dan banyak lagi. Sistem propulsi nuklir terlihat cocok untuk diintegrasikan dengan cruiser. Ukuran cruiser cukup besar untuk menampung reaktor nuklir. Teorinya cruiser tenaga nuklir akan mampu mengimbangi endurance kapal induk tenaga nuklir yang dikawalnya. Cruiser bertenaga nuklir juga akan mampu beroperasi ofensif mandiri dalam waktu yang lebih lama. USS Long Beach adalah cruiser US NAVY pertama, dan sampai saat ini satu satunya yang menggunakan propulsi nuklir. 

Selain propulsi nuklir, USS Long Beach juga dilengkapi dengan sistem radar baru dengan disain phased array, AN/SPS-32 dan AN/SPS-33. Antenna phased array tersusun dari banyak elemen antenna kecil. Gelombang radio dari setiap elemen antenna akan ber-superposisi dengan pola tertentu, tergantung dari pola amplitudo dan fase setiap elemen antenna. Singkatnya radar beam bisa dibentuk dan diarahakan ke titik tertentu secara elektronik dengan menyesuaikan distribusi amplitudo dan fase setiap elemen antenna. Antenna radar phased array tidak perlu digerakkan secara fisik untuk mengarahkan radar beam, cukup dipasang mati di dinding superstructure kapal saja. Sistem seperti ini juga memungkinkan transmisi daya radar yang lebih besar, meningkatkan jangkauan dan akurasi. Propulsi nuklir pada USS Long Beach bisa jadi tidak dipakai lagi pada cruiser US NAVY berikutnya. Tapi sistem phased array terbukti memiliki potensi bagus sehingga dikembangkan menjadi AN/SPY-1 di sistem AEGIS milik Cruiser Ticonderoga class dan Destroyer Alreigh Burke class.  

Pada awalnya USS Long Beach direncanakan dilengkapi rudal jelajah dan balistik. Namun fokus US NAVY pada kapal ini adalah untuk menguji sistem propulsi nuklir pada operasi kapal sekelas cruiser. Dana yang tersedia terbatas dan biaya membengkak. Sehingga USS Long beach tidak jadi dilengkapi kedua rudal tadi. Pada awal masa tugasnya, cruiser nuklir tersebut dilengkapi rudal anti pesawat Talos dan Terrier. Selain itu ada peluncur ASROC dan torpedo mk46. Sepasang kanon 5 inch kemudian ditambahkan atas permintaan presiden Kennedy. Walau satu-satunya di kelasnya, USS Long Beach terus dipertahankan mulai dari perang Vietnam sampai perang teluk 1991. Pada akhir masa tugasnya, arsenal USS Long Beach mirip dengan konfigurasi standar terbaru US NAVY berupa rudal Standard, Tomahawk, Harpoon, dan CIWS Phalanx.

Dragon 1/700 USS Long Beach

Kapal seperti Long Beach punya daya tarik tersendiri. Pada era ini, rudal anti pesawat belum disimpan rapi di dalam VLS, masih digantung di lengan peluncur. Detil sepeti ini cukup menarik untuk dibuat. Dan untungnya, kualitas cetakan Dragon termasuk tajam dan bersih. Rudal dicetak dengan bagus lengkap dengan fin yang tipis dan rapi. Detail part plastik juga diperkaya dengan PE, termasuk beragam tangga kapal.

Model kapal waterline dan full hull bisa dibuat dari kit ini karena lambung dibelah pada waterline. Display stand yang sangat bagus disediakan oleh Dragon untuk konfigurasi full hull.

Pada instruction sheet, Dragon menyebutkan bahwa kit ini bisa dirakit untuk konfigurasi tahun 1961 dan 1967. Beberapa perbedaan detail kecil ditunjukkan di instruction. Tapi kami sangat merekomendasikan untuk melihat juga referensi lain agar bisa mengoptimalkan part yang sudah dicetak dengan sangat baik oleh Dragon pada kit ini.

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia