Revell 1/72 EC135 (Sold Out)

Sold Out
  • Revell 1/72 EC135
    Revell 1/72 EC135
  • EC135 clear parts
    EC135 clear parts
  • EC135 fuselage
    EC135 fuselage
  • EC135 parts
    EC135 parts
  • EC135 fenestron
    EC135 fenestron
  • EC135 interior
    EC135 interior

EC-135 adalah helikopter ringan multifungsi yang cukup laris di pasaran. Fuselage heli ini didisain dengan cantik, mulus, dan pastinya aerodinamis. Heli ini tidak dilengkapi tail rotor konvensional, tapi menggunakan fenestron. Secara sederhana, fenestron adalah tail rotor yang dibungkus struktur ekor. Prinsip kerjanya sebenarnya sama, fan berputar menghasilkan thrust untuk mengimbangi main rotor torque. Tapi sebenarnya disainnya lebih kompleks dari tail rotor konvensional. Dan para disainer Airbus berhasil mendisain fenestron yang tepat untuk heli ringan ini, menghasilkan performa bagus, noise rendah, dan tentunya bentuk yang cantik.

Inovasi lain pada EC-135 adalah hinge-less rotor. Saat terbang, rotor blade akan melalui aliran udara kompleks yang menimbulkan vibrasi. Jika tidak diredam, vibrasi akan merambat ke rotor mast, lalu ke mesin, kabin, dll, menimbulkan kerusakan dan membuat terbang tidak nyaman. Pada umumnya heli menngunakan hinge pada pangkal rotor blade untuk meredam getaran. Metode ini sukses, tapi hinge adalah sistem kompleks yang butuh banyak perawatan. Rotor pada EC-135 tidak menggunakan hinge, tapi disambungkan ke mast dengan material semi elastis yang didisain dengan cerdas untuk meredam getaran. Metode ini butuh disain yang rumit, pengujian teliti, tapi jika dilakukan dengan benar akan menghasilkan sistem peredam getaran yang ringan dan mudah dirawat.

EC-135 banyak dipakai untuk heli eksekutif, ambulan udara, polisi, dan banyak lagi. Konon sebuah EC-135 juga dipakai untuk pengujian sistem fly-by-light. Fly-by-light adalah pengembangan dari fly by wire. Pada sistem ini, sinyal kendali penerbangan diteruskan lewat fiber optik. Transmisi sinyal lewat fiber optik tidak rawan terkena interferensi seperti transmisi sinyal listrik biasa. Selain lebih aman, shielding kabel sinyal bisa dikurangi, berpotensi menghasilkan sistem yang lebih ringan. Pada pesawat atau heli, sistem lebih ringan banyak sekali manfaatnya seperti lebih banyak payload, lebih banyak bahan bakar, performa lebih tinggi, dan banyak lagi.

Revell 1/72 EC-135

Dalam skala 1-5, Revell mengkategorikan tingkat kesulitan kit heli kecil berukuran sekitar 14cm ini di level 4. Ternyata walau kecil, kit ini tersusun dari sejumlah besar part yang dicetak dalam 6 sprue dan sebuah clear sprue. Sebagian besar part digunakan untuk detailing interior.

Perakitan interior dimulai dari kokpit. Kit ini berat di belakang. Pada instruction sheet terdapat petunjuk pemasangan pemberat 10gr pada posisi yang cukup di depan tapi tersembunyi. Instrument panel direpresentasikan dengan decal. Detail sistem kontrol disediakan lengkap seperti pedal, collective, dan cyclic control.  Heli pada kit ini adalah varian rescue, sehingga pada kabin belakang terdapat dua kursi untuk awak, serangkaian kotak perlengkapan detail, dan sebuah tandu atau tempat tidur pasien. Pada sprue juga terdapat banyak part yang ditandai not-used, sepertinya bisa digunakan untuk membuat varian lain. Semua usaha untuk detailing interior akan terlihat jelas dari luar berkat jendela yang besar dan jernih.

Keunggulan kit ini bukan hanya pada interior nya saja, tapi juga pada eksterior nya. Fuselage diperkaya surface detail berupa recessed panel line dan relief tajam lainnya. Kit ini tidak dilengkapi full engine, tapi ada detail intake dan exhaust yang cukup baik. Hinge-less rotor hub EC-135 cukup sederhana dan direpresentasikan dengan cukup baik. Fenestron disusun dari beberapa part yang dicetak tajam.

Overall kit ini adalah pilihan bagus untuk memberi variasi bagi koleksi heli Apache, Hind, Blackhawk, Huey, dan heli kombatan lainnya. Tampilan glossy dan body mulus akan memveri variasi sendiri di tengah heli tempur yang penuh rudal. Belum lagi detail interior yang akan terlihat bagus dari luar. Kecil bukan berarti mudah dirakit, apalagi dengan part sebanyak ini untuk detail luar dalam.