Italeri 1/72 Su34

Price:270,000IDR
  • Italeri Su34
    Italeri Su34
  • Italeri Su34 Fuselage
    Italeri Su34 Fuselage
  • Italeri Su34 landing gear
    Italeri Su34 landing gear

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia

Su34 Strike Flanker

Amerika telah sukses mengkonversi pesawat air superiority (F-14 Tomcat & F-15 Eagle) menjadi pesawat penyerang darat/interdiction strike (F-14D Bombcat & F-15E Strike Eagle). Russia pun melakukan hal yang serupa. Mereka mengambil dasar dari pesawat air superiority terhebat mereka, yaitu Su-27 Flanker untuk membuat Su34. Pilihan ini masuk akal, karena seperti F14 dan F15, Su27 memiliki jangkauan jauh dan mampu membawa persenjataan berat. Dua karakteristik yang penting untuk misi interdiction strike.

Bentuk airframe Su-27 dimodifikasi besar-besaran agar lebih sesuai untuk misi interdiction strike. Modifikasi yang paling terlihat adalah perubahan layout kokpit menjadi side-by-side. Layout ini sudah dipakai di pesawat interdiction strike hebat seperti A6 Intruder, F111 Aardvark dan Su24 Fencer. Layout ini mampu mengurangi kelelahan kru untuk misi interdiksi yang panjang. Layout ini juga mempermudah kerjasama kru untuk proses penyerangan yang menuntut presisi tinggi. Hasil dari modifikasi ini adalah bentuk hidung Su-34 yang ellips seperti platypus. Semua modifikasi ini meningkatkan bobot Su-24 yang perlu dikompensasi dengan perkuatan landing gear. Main landing gear dimodifikasi menjadi two wheel bogey.

Italeri Su-34

Italeri mempunyai serangkaian kit fighter 1/72 yang sederhana tapi bagus. Kualitas seri kit ini terbukti dari banyaknya pabrikan lain yang me re-box seri kit 1/72 tersebut. Su-34 skala 1/72 ini adalah salah satunya. 

Isi kotak kit ini didominasi oleh dua sprue besar ditambah sebuah clear sprue. Semua part dicetak rapi dan bersih. Panel line sudah beraliran recessed. Bukan yang paling tipis yang pernah kami lihat, tapi sudah cukup tipis dan yang terpenting dicetak dengan konsisten.

Kokpit kit ini memang tidak dilengkapi panel atas, tapi area tersebut tidak terlalu terlihat di skala 1/72. Detail instrument panel direpresentasikan dengan raised relief yang rapi dan tajam. Bentuk ejection seat juga terlihat bagus dan detail. Di depan kokpit, tersedia pilihan untuk memasang refueling probe dalam posisi terbuka.

Landing gear kompleks Su-34 direpresentasikan dengan cukup baik oleh Italeri. Semua strut utama disediakan dengan baik dan akan terlihat bagus setelah di cat. Landing gear dicetak cukup tipis dan dilengkapi hinge yang bagus.

Italeri melengkapi kit ini dengan segudang persenjataan untuk mengisi penuh hampir semua pylon. Mulai dari sepasang rudal raksasa tapi eksotik Kh31/AS-17 Krypton untuk mengisi bagian bawah intake. Lalu ada tiga LGB LGB KAB-500L untuk centerline dan wing inboard pylon. Tidak lupa sepasang Kh29/AS-14 Kedge. Arsenal air-to-air seperti R73/AA11 Archer dan R77/AA12 Adder juga turut disediakan dengan bentuk cukup bagus. Kit ini adalah keluaran yang lebih baru dengan improvement di decalnya. Tersedia tambahan decal untuk marking rudal, menjadikan tampilan model Su-34 lebih realistis lagi.

Silahkan WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia