Pitroad 1/700 Graf Spee

Price:430,000IDR
  • Pitroad Graf Spee
    Pitroad Graf Spee
  • Pitroad Graf Spee PE
    Pitroad Graf Spee PE
  • Pitroad Graf Spee superstructure
    Pitroad Graf Spee superstructure
  • Pitroad Graf Spee planes
    Pitroad Graf Spee planes
  • Pitroad Graf Spee parts
    Pitroad Graf Spee parts

Silahkan SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia

Graf Spee adalah kapal perang Jerman yang cukup sukses di WWII. Pocket battleship ini didisain dengan tidak terlalu melanggar perjanjian Versailles. Graff Spee dilengkapi 6 pucuk meriam utama kaliber 28cm pada dua turret triple mount. Proyektil 28cm sudah cukup lethal untuk menembus armor sebagian besar kapal. Dan Graff Spee juga memiliki kecepatan cukup tinggi untuk menghindari kapal besar yang mampu menahan proyektil 28cm.

Pada awal WWII, Jerman memiliki armada kapal selam kuat dan beberapa kapal permukaan hebat. Tapi Inggris dan Perancis memiliki kapal lebih banyak dan kuat. Konfrontasi armada laut langsung bukan pilihan cerdas bagi Jerman. Sebagai gantinya, mereka menggunakan kekkuatan laut untuk memotong jalur logistik ke Inggris. Tanpa suplai logistik cukup, Inggris akan semakin lemah dan lebih mudah diserang. Jerman mengerahkan U-boat dan kapal perang individual untuk ber-gerilya di Atlantik. Mereka diperintahkan untuk menenggelamkan kapal logistik sekutu sambil menghindari kontak langsung dengan Royal NAVY.

Graf Spee yang dipimpin kapten Hans Langsdorff adalah kapal perang yang sukses menjalankan misi tersebut. Graf Spee berburu sendirian di Atlantik dengan didukung oleh kapal suplai Altmark. Keduanya tidak berlayar beriringan, tapi hanya bertemu saat tertentu saja agar lebih sulit dideteksi sekutu. Graf Spee mampu menenggelamkan banyak kapal logistik sekutu. Dan hebatnya lagi, kapten Langsdorff melakukannya sesuai aturan. Menghindari kekerasan yang tidak perlu, menawan beberapa awak, dan memastikan awak lainnya aman di sekoci sebelum menenggelamkan kapalnya.

Sepak terjang Graf Spee tentu saja menjadi perhatian khusus Royal NAVY. Mereka melakukan pencarian besar besaran ke seluruh Atlantik. Inggris memiliki angkatan laut yang kuat, tapi Atlantik juga sangat luas. Jadi armada perlu dibagi menjadi unit-unit kecil. Seorang komodor RN, Henry Harwood membaca pola serangan Graf Spee lalu berhasil menebak arah mereka selanjutnya, yaitu ke Riverplate. Dan dia benar, armadanya berhasil menemukan Graf Spee disana.

Harwood hanya memiliki tiga kapal untuk menghadapi Graf Spee, yaitu Heavy Cruiser HMS Exter, Light Cruiser HMS Ajax, dan Light Cruiser HMS Achilles. Walau unggul dalam jumlah, fire power ketiganya masih dibawah Graf Spee. Harwood membagi armdanya untuk menyerang Graf Spee dari dua arah. Berhadap konsentrasi tembakan kanon 28cm Graff Spee bisa terpecah. Strategi tersebut cukup berhasil. Ketiganya memang rusak parah, tapi Graff Spee juga terkena serangan telak di beberapa titik penting. Lalu pertempuran pun selesai, Graff Spee memutuskan mundur ke Uruguay. Exeter mundur, sementara Ajax dan Achilles yang masih bisa berlayar terus membayangi Graf Spee.

Uruguay adalah negara netral, sehingga kapal dari negara yang bertempur hanya boleh memberbaiki kemampuan berlayarnya di pelabuhan selama 24 jam. Kerusakan yang diterima Graf Spee memang tidak massif, tapi mengenai sistem vital seperti pengolahan bahan bakar.

Di pelabuhan banyak tarik ulur diplomatik antara Inggris dan Jerman untuk lamanya Graff Spee boleh berlabuh. Pihak Jerman butuh waktu lebih dari 24 jam untuk memperbaiki Graf Spee. Sementara Inggris tentu saja ingin Graf Spee diusir agar bisa dihabisi Royal NAVY di laut. Konon ditengah situasi ini, intelejen Inggris ikut berperan. Mereka menyebarkan informasi dan transmisi sinyal seakan-akan banyak kapal berat Royal NAVY di dekat sana, siap untuk menghabisi Graf Spee. Walau sebenarnya di dekat sana hanya ada Ajax, Achilles, dan sebuah light cruiser lain yang masih bisa ditangani Graf Spee sendiri.

Desepsi ini menurunkan moral awak Graf Spee. Bahkan sampai membuat bingung komando pusat Kriegsmarine dan juga Hitler. Akhirnya opsi untuk menenggelamkan Graf Spee pun terbuka. Kapten Langsdorff melihat Graf Spee tidak punya cukup amunisi untuk bertempur melawan armada RN yang diperkirakan ada di dekat sana. Sang kapten berpikir bahwa bertempur hanya akan mengorbankan awaknya sia-sia. Lalu keputusan pun diambil. Dia membebaskan tawanan perang lalu berlayar dengan sedikit awak. Bahan peledak pun disiapkan, semua awak termasuk kapten turun dari kapal. Lalu Graf Spee pun diledakkan untuk mencegahnya jatuh ke tangan musuh. Setelah memastikan semua awaknya ditahan dengan baik di Argentina dan Uruguay, sang kapten kemudian mengakhiri hidupnya dengan memakai seragam lengkap.

Pitroad 1/700 Graf Spee

Kit ini bisa dirakit menjadi replika Graf Spee skala 1/700 yang luar biasa detail out of the box. Modeler bisa memilih konfigurasi full hull atau waterline. Sebuah pilihan yang sayangnya sedikit sulit karena keduanya sama sama bagus. Lower hull dicetak dengan beberapa lengkungan halus yang detail. Sisi samping upper hull juga dilengkapi dengan surface detail tajam. Dek kapal diperkaya detail wood planking yang bagus.

Perakitan superstructure terlihat rumit karena setiap sisi dicetak dengan part terpisah. Tapi dengan cara ini detail tajam bisa dicetak lebih baik ke sisi superstructure. Sepasang pesawat pengintai Arado disediakan dengan clear part yang dicetak detail.

Pitroad menyediakan persenjataan yang lengkap mulai dari meriam utama sampai ke torpedo launcher. Bentuk turret meriam utama terlihat bagus dengan surface detail rivet yang kecil tapi rapi dan tajam.

Tidak semua modeler menyukai PE, seingga kit ini 100% bisa dirakit dari part plastik. Tapi detail bisa ditingkatkan lebih jauh lagi dengan sebuah PE fret besar bawaan kit ini. Area yang butuh part tipis seperti antenna dan ketapel peluncur Arado akan memiliki detail yang tajam tanpa perlu membeli aftermarket part tambahan.  Pitroad juga menyediakan satu halaman khusus pada instruction sheet untuk menujukkan posisi rigging.

Silahkan SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia