Revell 1/144 Tornado IDS Tiger Meet

Price:150,000IDR
  • Revell Tornado IDS
    Revell Tornado IDS
  • Revell Tornado IDS parts 1
    Revell Tornado IDS parts 1
  • Revell Tornado IDS parts 2
    Revell Tornado IDS parts 2
  • Revell Tornado IDS canopy
    Revell Tornado IDS canopy

Silahkan SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung,

atau via marketplace: Tokopedia dan BukaLapak

Tornado didisain untuk melakukan serangan dari ketinggian sangat rendah dengan kecepatan tinggi. Selain meningkatkan akurasi, metode serangan dari ketingian rendah mampu memperpendek waktu reaksi musuh. Mengurangi kemungkinan musuh untuk melakukan tindakan pertahanan efektif.

Masalahnya turbulensi udara di ketinggian rendah cukup parah. Getaran yang dihasilkan memberi efek bagi pilot dan airframe. Tornado mengatasi hal ini dengan melipat sayap kebelakang. Selain mengurangi drag, hal ini juga akan mengurangi luas sayap karena sebagian area sayap masuk ke fuselage. Hasilnya adalah wing loading (berat / area sayap) meningkat. Di ketinggian normal, hal ini akan mengakibatkan berkurangnya manuverabilitas pesawat. Tapi di udara turbulen pada ketinggian rendah hal ini akan membuat penerbangan menjadi lebih mulus. Tornado bisa terbang cepat di ketinggian rendah tanpa terlalu membebani pilot dan airframe.

Sistem avionik Tornado juga didisain untuk mendukung misi terbang rendah tersebut. Tornado memiliki terrain following radar agar bisa terbang rendah dengan aman pada segala cuaca. Jika posisi target sudah dikatahui, sistem navigasi canggih mampu mamandu Tornado kesana dalam segala cuaca. Sistem navigasi tersebut juga memungkinkan pilot untuk menghindari pertahanan udara lawan sambil tetap mengunci posisi target.

Tornado biasa membawa sepasang pod besar di sayap untuk pertahanan elektronik. Tornado milik Inggris juga mampu membawa sepasang rudal anti radar ALARM pada wing station tanpa mengurangi kemampuan membawa persenjataan utama secara signifikan. ALARM bisa diluncurkan tanpa sistem targeting khusus. Rudal pintar ini akan meluncur keatas, lalu melayang dengan parasut sambil menunggu emisi radar musuh. Jika musuh menyalakan radar untuk mengunci Tornado, ALARM akan menyalakan kembali roketnya untuk menetralisir radar tersebut. Jika musuh mengetahui ancaman ALARM dan tidak berani menyalakan radarnya, maka Tornado bisa menembus wilayah udara musuh dengan aman.

Revell 1/144 Tornado IDS

Revell 1/144 Tornado IDS ini adalah salah satu kit 1/144 modern yang diperkaya banyak detail yang umumnya baru tersedia di skala 1/72. Sehingga kit 1/144 kecil berukuran 11,8x8,5 cm ini cukup kompleks dan butuh 22 langkah perakitan. Kualitas cetakan Revell terlihat cukup bagus dari part yang rapi dan recessed panel line yang tajam.

Kokpit kit ini cukup detail untuk ukuran 1/144. Terdiri dari cockpit tub, ejection seat, control stick, instrument panel, dan coaming yang disediakan dalam part terpisah. Detail instrument panel direpresentasikan dengan kombinasi raised relief dan decal. Canopy dicetak jernih dengan detail detonation cord yang bagus.  

Kedua sayap bisa diayun dengan sinkron. Dengan pemasangan yang tepat, elevator pun bisa dibuat bergerak. Exhaust diperkaya detail internal yang cukup baik. Setiap air intake dirakit dari dua part untuk menghasilkan dinding intake yang cukup tipis untuk skala 1/144. Air brake dicetak dalam kondisi tertutup dengan panel line yang rapi. Roda pendarat dicetak dengan outline ban yang rapi dan detail baut pada velg. Kejutan lainnya adalah refueling probe yang dirakit dari beberapa part dan bisa dipasang di posisi terbuka, sebuah fitur yang biasanya baru ada di skala 1/72.

Revell mengisi penuh wing station dengan drop tank, Sidewinder, dan ECM pod. Fin rudal sidewinder dicetak cukup tipis dan konsisten. Pada drop tank dan ECM pod terdapat surface detail berupa panel line yang tajam. Revell menyediakan tiga fuselage pylon, tapi sayangnya tanpa arsenal untuk mengisi ketiga station ini.

Pola camo Tornado IDS cukup kompleks, tapi untungnya Revell menyediakan petunjuk pengecatan yang cukup jelas. Pada kit ini tersedia dua pilihan decal: Tiger meet yang unik tapi sangat kompleks dan marking standar operasional Luftwaffe.

Silahkan SMS/WA ke 085693029246 untuk pembelian langsung,

atau via marketplace: Tokopedia dan BukaLapak