Hasegawa 1/200 C130 R Hercules (Sold Out)

Sold Out
  • Hasegawa Hercules
    Hasegawa Hercules
  • Hasegawa Hercules fuselage
    Hasegawa Hercules fuselage
  • Hasegawa Hercules wing
    Hasegawa Hercules wing

a Rare Hercules variant

C-130 Hercules adalah pesawat yang terkenal, bisa diandalkan saat damai dan perang. Berbagai misi bisa dilaksanakan dengan sangat baik mulai dari angkut kargo, drop pasukan para, tanker, gunship, drop bom raksasa MOAB, dan berbagai tugas eksotis lainnya. Informasi tentang Hercules biasanya cukup mudah dicari. Namun kami cukup terkejut saat mencari informasi tentang C-130R, hanya sedikit sumber yang membahas varian ini.

Ternyata riwayat C-130R cukup panjang. Varian ini berawal dari C-130H milik USAF yang ditransfer ke USMC. Pemilik barunya menggunakan pesawat-pesawat tersebut sebagai tanker, sehingga designasinya berganti jadi KC-130R. Lalu USMC mempensiunkan tanker tersebut dan disimpan dengan rapi di AMARG. Kemudian Jepang tertarik membeli pesawat pensiunan tersebut. Metode penyimpanan pesawat di AMARG ternyata sangat baik sehingga Hercules tersebut masih layak pakai. Umur KC-130R tersebut terhitung tua, sehingga beberapa struktur pesawat diganti agar umurnya bisa panjang. Pesawat Jepang memakai sistem air refueling boom-receptacle, sehingga sistem probe-drogue KC-130R tidak diperlukan. Jepang juga memfokuskan Hercules tersebut untuk misi angkut, sehingga designasinya berubah lagi menjadi C-130R, K di depan yang menyatakan tanker tidak dipakai lagi.

Hasegawa 1/200 C-130R Hercules JMSDF.

Walau ukurannya kecil, Hasegawa berkomitmen menyediakan detail selengkap mungkin pada Hercules 1/200 ini. Komitmen ini terlihat dari jumlah part yang disediakan. Di dalam kotak terdapat 6 sprue reguler, 1 clear sprue, dan display stand. Clear sprue berisi kanopi utuh Hercules dengan framing yang cukup tegas. Memang perlu effort lumayan untuk memasang masking dan memberi shading yang tepat pada kanopi kompleks ini. Namun jika dilakukan dengan baik, hasilnya akan memuaskan.

Di balik canopy tidak ada detail kokpit, karena memang dimensi jendela kokpit 1/200 terlalu kecil untuk menunjukkan detil di dalamnya. Hasegawa juga tidak menyediakan detil interior di kit ini. Namun ada opsi untuk memasang ramp door dan pintu samping di posisi terbuka. Modeler senior mungkin akan tertantang untuk scratch build interior Hercules pada kit ini.

Detail eksterior kit mungil ini terlihat sangat baik. Panel line recessed, dicetak sangat tipis dan konsisten. Semua parts dicetak dengan rapi. Trailing edge sayap dicetak dengan tajam untuk menghasilkan profil yang realistis. Hasegawa juga memberikan banyak antenna yang tersebar di fuselage C-130R dengan lengkap pada part terpisah untuk detail maksimum. External fuel tank yang sering dibawa oleh Hercules juga tidak lupa disertakan di kit ini.

Overall kit ini akan memberikan variasi yang bagus bagi koleksi Anda, baik dari segi skala maupun paint scheme unik JMSDF. Walau berukuran kecil, detail yang tersebar di model ini cukup impresif. Pintu samping dan ramp door terpisah membuka peluang untuk scratch build interior.