Fujimi 1/24 Suzuki Karimun Kotak

Price:310,000IDR
  • Fujimi Karimun
    Fujimi Karimun
  • Fujimi Karimun body
    Fujimi Karimun body
  • Fujimi Karimun clear parts
    Fujimi Karimun clear parts
  • Fujimi Karimun parts 1
    Fujimi Karimun parts 1
  • Fujimi Karimun parts 2
    Fujimi Karimun parts 2
  • Fujimi Karimun tierod
    Fujimi Karimun tierod
  • Fujimi Karimun suspension
    Fujimi Karimun suspension
  • Fujimi Karimun wheel
    Fujimi Karimun wheel

Silahkan WA ke 085693029245 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia dan BukaLapak

Suzuki Karimun

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari informasi tentang Suzuki Karimun, kami memakai mobil ini, lebih tepatnya Karimun Estilo. Akselerasi, top speed, dan agility mobil ini tidak istimewa. Suzuki memang mendisain Karimun sebagai city car untuk beroperasi dengan optimum di lingkungan urban.

Lingkungan urban identik dengan macet dan parkiran sempit. Ukuran Karimun yang kecil sangat menguntungkan disini. Parkir parallel pun bisa dilakukan dengan mudah.

Ukuran kecil bukan berarti interior sumpek. Sebagai gambaran bobot saya 115 Kg tinggi 180 cm bisa menyetir Karimun dengan nyaman sambil membawa 3-4 penumpang. Karimun juga pernah kami gunakan untuk mengangkut semua koleksi RumahMokit saat mengikuti pameran Battle of the Toys 2015 tanpa masalah berarti.

Ukuran kecil berarti volume ruang mesin terbatas. Tidak ada tempat untuk menyimpan mesin V10, twin turbo, dll. Tapi ada tempat untuk menyimpan mesin inline 3-4 silinder dengan kapasitas sekitar 1000cc. Daya keluaran mesin seukuran ini memang tidak istimewa, tapi jangan lupa bahwa Karimun adalah mobil yang kecil dan ringan. Hasilnya adalah city car yang lincah dan bisa melalui tanjakan yang umum ada di daerah urban dengan mudah. Kelebihan lainnya adalah mesin ini sangat irit bahan bakar.

Satu poin positif lagi dari mobil ini adalah kemudahan perawatannya. Harga spare part Karimun cukup ekonomis untuk ukuran mobil.

Fujimi 1/24 Suzuki Karimun Kotak.

Sedikit klarifikasi, label mokit ini adalah Suzuki Wagon R. Tapi ini adalah model Karimun kotak generasi pertama, bukan Karimun Wagon LCGC generasi ketiga. Fujimi memasang label Wagon R di kit ini karena memang Karimun kotak generasi pertama diberi nama Wagon R di Jepang.

Seperti mobil aslinya, mokit ini termasuk sederhana. Cukup butuh 11 langkah perakitan yang ditunjukkan dengan jelas di instruction sheet.

Perakitan dimulai dari bawah. Detail mesin, fuel tank, dan knalpot disediakan sebagai molded on detail di sisi bawah chassis. Metode seperti ini memang tidak setajam detail di part terpisah, tapi mempermudah perakitan. Saat di cat dengan benar, detail tersebut akan muncul dengan baik.

Walau sederhana, Fujimi membuat kaki-kaki depan dengan cukup baik di part terpisah. Tersedia detail suspensi, tie-rod, dan stabilizer yang cukup akurat, membuat model ini terlihat cukup detail dari bawah. Disc brake memang disediakan dalam bentuk sederhana, tapi ini tidak menjadi masalah karena tidak akan terlihat dari luar, terhalang oleh velg standar. Kaki-kaki belakang juga disediakan dalam part terpisah, tapi memang lebih sederhana seperti kaki-kaki belakang mobil aslinya.

Kabin juga disediakan dalam bentuk sederhana. Bentuk kabin Karimun memang membuat pedal gas/rem/kopling tdak terlihat dari luar, oleh karena itu di kit ini juga tidak disediakan untuk mempermudah perakitan. Sebagai gantinya Fujimi menyediakan dashboard dan center console yang cukup detail. Ada satu fitur menarik di area ini, sandaran jok belakang bisa ditidurkan seperti mobil aslinya. Saya biasa menggunakan fitur ini untuk membawa barang besar seperti sepeda atau untuk pindahan rumah. Anda bisa scratch build sendiri barang yang diinginkan untuk dibawa dalam kabin, menjadi yang model unik.  

Chassis dan kabin akan ditutup dengan single piece body. Bentuk body kit ini sangat mirip dengan Karimun kotak aslinya. Roof rail yang detail juga dicetak menyatu dengan body. Pintu dan panel menggunakan recessed line dengan ketebalan dan kedalaman yang realistis. Kaca direpresentasikan dengan one piece clear parts yang jernih, mudah dipasang dan hasilnya bagus.

Overall Fujimi 1/24 Wagon R/Karimun Kotak bukanlah model mobil super detail. Tapi ini mungkin satu-satunya injection molded model kit untuk Karimun yang ada di pasaran. Kit ini memang sederhana sehingga mudah dirakit oleh pemula. Modeler yang lebih berpengalaman bisa menjadikan kit ini sebagai kanvas kosong untuk membuat replika unik dan detail dari Suzuki Karimun, apalagi kalau Anda memiliki mobil aslinya.

Silahkan WA ke 085693029245 untuk pembelian langsung atau via Tokopedia dan BukaLapak