Sweet 1/144 Zero with carrier deck base

Price:170,000IDR
  • Sweet 1/144 Zero
    Sweet 1/144 Zero
  • Sweet 1/144 Zero disp base
    Sweet 1/144 Zero disp base
  • Sweet 1/144 Zero decal
    Sweet 1/144 Zero decal
  • Sweet 1/144 Zero marking options
    Sweet 1/144 Zero marking options
  • Sweet 1/144 Zero parts
    Sweet 1/144 Zero parts

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian atau outlet Tokopedia RumahMokit untuk memiliki kit ini dengan mudah.

Artikel ini juga tersedia di blog kami

Mitsubishi Zero

Pre-WWII Jepang adalah negara berteknologi sangat maju, tapi berpikiran konservatif, termasuk para petinggi militernya. Para petinggi AL Jepang pada waktu itu sangat yakin bahwa manuverabilitas adalah kunci keunggulan pesawat tempur. Suatu konsep yang popular di era WWI dengan pesawat tempur biplane/triplane. Padahal pada era itu lahirlah pesawat jenis baru, monoplane. Monoplane menawarkan beberapa kelebihan berupa drag lebih kecil dan kecepatan lebih tinggi. Kelebihan ini diraih dengan mengorbankan manuverabilitas pada kecepatan rendah milik biplane/triplane.

Perlu waktu cukup lama bagi petinggi AL Jepang untuk menyadari perubahan ini. Dan pada saat menerima pesawat monoplane, mereka meminta pesawat monoplane dengan kelincahan setara biplane. Lahirlah beberapa monoplane lincah yang diakhiri dengan Mitsubishi Zero.

Zero adalah monoplane yang sangat lincah pada zamannya. Di awal WWII pesawat ini merajai langit Pasifik. Hampir tidak ada pesawat sekutu yang mampu menandinginya dalam adu kelincahan di udara. Keunggulan udara yang disediakan Zero ini membuat Jepang mampu merangsek jauh sampai ke Pearl Harbor dan Indonesia.

There are no free lunch. Ada harga yang harus dibayar oleh Zero untuk mendapatkan kelincahannya. Hal ini adalah titik lemah fatal Zero jika pihak sekutu mengetahuinya.

Murphy law: anything that can go wrong will go wrong.

Sekutu berhasil mendapatkan Zero dan melakukan uji ekstensif. Hasilnya adalah Zero memiliki armor sangat ringan dan tanpa self sealing fuel tank. Tidak perlu banyak peluru kena untuk meledakkan sebuah Zero. Zero juga memiliki kekurangan di dive speed. Kesimpulannya Zero bisa dihadapi dengan taktik hit and run. Taktik ini mengeksploitasi kelebihan pesawat sekutu di dive speed sekaligus kekurangan Zero di area proteksi.

Di akhir WWII Zero menjadi bulan-bulanan pesawat sekutu. Bukan karena teknologinya jelek, tapi karena kegagalan AL Jepang untuk memanfaatkan keunggulan Zero. Keunggulan Zero ada di kelincahannya, sesuatu yang hanya bisa dieksploitasi oleh pilot berpengalaman. Pada akhir WWII jumlah pilot AL Jepang yang berpengalaman menurun drastis. Salah satu penyebabnya adalah sifat pilotnya sendiri yang lebih baik mati jika ditembak jatuh dan kebijakan AL yang kurang memprioritaskan penyelamatan pilot jatuh, suatu hal yang berlawanan dengan sekutu. Seiring waktu jumlah pilot berpengalaman Jepang semakin menurun, sementara sekutu semakin banyak. Kelebihan manuverabilitas Zero tidak bisa dieksploitasi oleh pilot junior, manuverabilitas hebat Zero menjadi sia sia.     

Sweet 1/144 Zero

Jika anda terbiasa melihat mokit 1/144 pabrikan lain, mungkin anda tidak akan tertarik membuat mokit 1/144. Cek detail mokit 1/144 keluaran Sweet ini, mungkin anda akan berubah pikiran.

Mokit ini adalah replica dari Mitsubishi Zero yang terlibat dalam penyerbuan Pearl Harbor. Iya, marking dari mokit ini adalah dari pesawat sebenarnya, bukan dari pesawat fiktif. Tidak hanya satu atau dua pilihan, Sweet menyediakan enam pilihan marking di kit ini. Marking disuplai dalam bentuk waterslide decal yang cukup lengkap untuk skala ini, bahkan setara dengan mokit 1/72 umumnya.

Satu hal yang membuat mokit 1/144 kurang diminati adalah panel line. Mokit 1/144 berukuran sangat kecil, sehingga panel line harus sangat halus. Pabrikan lain mempunyai panel line terlalu lebar, atau bahkan mengambil jalan pintas dengan tidak ada panel line sama sekali. Sweet cukup berhasil di area ini. Recessed panel line nya cukup halus untuk skala 1/144. Tidak hanya panel line, teknologi injection molding Sweet juga cukup bagus untuk membuat part tipis untuk propeller, elevator, dan landing gear door.

Part count di mokit ini pun cukup tinggi, setara dengan mokit 1/72 umumnya. Mesin radial air cooled yang cukup prominent pun dibuat dalam satu part terpisah.

Bagi modeler yang punya prinsip modeling adalah menempatkan detail serealistis mungkin pada model sekecil mungkin, mokit ini cocok untuk anda. Ukuran kecil, tapi detail maksimal.

Dalam kit ini juga disediakan display base potongan carrier deck. Display base tersebut diperkaya relief detail yang tajam, terlihat akurat di skala 1/144.

Overall Modeler pemula mungkin perlu sedikit hati hati dalam menangani part kecil dan tipis. Tapi kepresisian part di mokit ini cukup bagus, sehingga proses perakitan cukup mudah untuk menghasilkan model yang memuaskan. Display base yang disediakan di kit ini juga akan sangat membantu pembuatan diorama yang realistis.

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian atau outlet Tokopedia RumahMokit untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih.