Fujimi 1/72 F14 Tomcat Sundowner

Price:500,000IDR
  • Fujimi 1/72 F14 Tomcat Sundowner
    Fujimi 1/72 F14 Tomcat Sundowner
  • Fujimi 1/72 F14 Tomcat parts 1
    Fujimi 1/72 F14 Tomcat parts 1
  • Fujimi 1/72 F14 Tomcat parts 2
    Fujimi 1/72 F14 Tomcat parts 2
  • Fujimi 1/72 F14 Tomcat PE
    Fujimi 1/72 F14 Tomcat PE
  • Fujimi 1/72 F14 Tomcat engine
    Fujimi 1/72 F14 Tomcat engine

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian atau outlet Tokopedia RumahMokit untuk memiliki kit ini dengan mudah.

Vampire…Vampire….Vampire

Serangan massif ASM (Anti Ship Missile) Soviet adalah ancaman mematikan bagi armada kapal induk NATO.  US NAVY menjawab ancaman ini dengan F-14 Tomcat, didisain untuk menembak jatuh bomber Soviet sebelum mereka sempat melepas ASM menggunakan rudal jarak jauh AIM-54 Phoenix.

Tomcat didisain agar bisa mengoperasikan Phoenix dengan optimum. Kedua mesin dipasang dengan jarak lebar, menyediakan ruang yang cukup untuk membawa 4 Phoenix dengan drag minim di bawah fuselage. Hidung Tomcat berukuran cukup besar guna membawa radar kuat AWG-9 untuk mendeteksi bomber dari jarak sangat jauh.

Tomcat juga didisain agar digeber di kecepatan tinggi, berguna untuk mencapai firing position dengan cepat dan memberikan kecepatan awal yang bagus bagi Phoenix, memaksimalkan jarak rudal tersebut. Requirement terakhir ini cukup menantang, masalahnya bentuk pesawat yang bisa mencapai kecepatan tinggi dengan efisien biasanya punya handling kecepatan rendah yang buruk. Sesuatu yang sangat tabu bagi fighter kapal induk yang harus mendarat di landasan sempit, pendek dan bergerak. Solusi Grumman untuk masalah ini adalah variable sweep wing. Sudut sayap dikontrol otomatis oleh komputer untuk menghasilkan performa terbaik di kecepatan tinggi dan rendah.

Sistem variable sweep terhitung kompleks dan berat. Namun dengan teknik yang tepat, Tomcat bisa juga diajak dogfight jarak dekat bermodalkan sidewinder dan kanon. Pilot Tomcat bahkan dilatih untuk adu dogfight dengan A-4, F-5, dan F-16N yang lebih kecil dan lincah.

Tomcat baru mencapai potensi sejatinya saat dikawinkan dengan mesin F-110. Dengan mesin baru ini Tomcat bisa diajak maneuver lebih ganas tanpa perlu khawatir mesin ngadat. Dry thrust F-110 lebih tinggi dari TF-30 pendahulunya, membuat Tomcat bisa take off lebih aman dan irit tanpa afterburner. Namun pada akhirnya Tomcat dinilai terlalu mahal dan kompleks dan harus dipensiunkan dini.

Fujimi 1/72 F-14 Tomcat 

Pecinta diorama pesawat akan menyukai Fujimi 1/72 F-14 Tomcat. Ada banyak opsi untuk menampilkan Tomcat sedang dimaintain. Nose cone bisa dipasang terbuka, menunjukkan antenna radar didalamnya. Selain itu Fujimi menyediakan full engine, baik itu TF-30 atau F-110. Engine dolly juga disediakan untuk memajang mesin ini. 

Diluar fitur tambahan diatas, fitur “standar” mokit ini juga istimewa. Part plastik dicetak dengan tajam. Panel line sudah beraliran recessed yang halus dan konsisten. Sebuah PE fret disediakan untuk area yang butuh detil lebih tajam. 

Kelebihan lainnya adalah Fujimi menyediakan load out air-to-air lengkap. Tersedia sepasang drop tank, Phoenix, Sparrow, dan Sidewinder. Semua rudal dicetak dengan sangat baik.  

Silahkan kunjungi halaman prosedur pembelian atau outlet Tokopedia RumahMokit untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih