Revell 1/144 Eurofighter Typhoon Twin Seater (Sold Out)

Sold Out
  • Revell 1/144 Typhoon twin seater
    Revell 1/144 Typhoon twin seater
  • Revell 1/144 Typhoon twin canopy
    Revell 1/144 Typhoon twin canopy
  • Revell 1/144 Typhoon twin parts 1
    Revell 1/144 Typhoon twin parts 1
  • Revell 1/144 Typhoon twin parts 2
    Revell 1/144 Typhoon twin parts 2
  • Revell 1/144 Typhoon twin AAM
    Revell 1/144 Typhoon twin AAM
  • Revell 1/144 Typhoon twin AGM
    Revell 1/144 Typhoon twin AGM

Untuk sebuah pesawat keluaran terbaru yang cukup terkenal, ternyata informasi tentang Eurofighter Typhoon twin seater cukup sulit dicari. Typhoon dibekali beragam sensor seperti radar CAPTOR, IRST PIRATE, dan sistem pertahanan elektronik DASS. Namun pilot tidak akan kesulitan mengolah semua informasi diatas berkat sistem komputer pintar yang mampu memfilter, mengintegrasikan, dan menampilkan informasi terpenting. Pengendalian pesawat sangat terbantu sistem HOTAS dan FBW cerdas yang menjaga pesawat tetap dalam flight envelope walau sedang ber-manuver ketat. Sistem sekunder juga bisa diakses dengan mudah berkat direct voice input. HMS tersedia untuk memberikan informasi terpenting kepada pilot kapan saja sekaligus membantu pembidikan senjata. Singkatnya semua sistem ini dirancang agar Typhoon bisa menjalankan semua misi hanya dengan satu pilot. 

Walau demikian awak kedua ternyata sangat membantu dalam misi air-to-ground yang kompleks. Terutama di masa sekarang dimana target berukuran kecil, tersembuyi dengan baik, dan berada dekat sipil ataupun pasukan kawan. Awak kedua cukup membantu pelaksanaan serangan secara lebih cepat dan presisi. Selain itu pesawat twin seater juga berguna untuk memberikan pelatihan yang lebih realistis bagi pilot baru walau simulator canggih dan advanced jet trainer sudah tersedia. Hal ini membuat negara pemesan Typhoon merubah komposisi pesanannya, menambah jumlah twin seater. 

Kursi belakang Tyhoon dilengkapi kontrol yang lengkap seperti kursi depan. Berbeda dengan pesawat twin seater lain, bentuk Typhoon tidak memungkinkan kursi belakang dinaikkan lebih tinggi dari kursi depan. Pandangan pilot belakang akan terhalang kursi depan. Solusinya kokpit belakang dilengkapi HUD repeater untuk menampilkan pandangan yang dilihat pilot depan pada HUD. 

Revell 1/144 Eurofighter Typhoon twin seater 

Revell biasanya all out saat membuat kit pesawat milik Jerman, terutama fighter terbaru mereka Eurofighter Typhoon. Revell merilis Typhoon di semua skala kit pesawat mulai dari 1/32 sampai 1/144. Semua Typhoon keluaran Revell berkulitas baik, termasuk 1/144 nya. Untuk menangkap sebanyak mungkin detail di 1/144, kit ini terdiri dari segudang parts yang ter-grup dalam satu clear sprue, tiga sprue untuk pesawat, satu sprue untuk persenjataan air-to-air, dan sebuah lagi untuk persenjataan air-to-ground. Perakitan sejumlah besar parts tersebut dipandu oleh 28 step instruction yang jelas dan detail. 

Panel line kit ini sudah beraliran recessed, masih agak tebal, tapi sudah terlihat cukup bagus dan memberikan detail ramai pada pesawat 1/144. Breakdown kokpit sudah seperti 1/72 dengan cockpit tub, instrument panel, control stick, dan ejection seat terpisah. Instrument panel dan side panel diperkaya dengan decal untuk tampilan meyakinkan di 1/144. Berbeda dengan 1/144 umumnya, windscreen dan canopy dicetak terpisah, memungkinkan pembuatan pose canopy terbuka. Detail landing gear termasuk istimewa untuk skala 1/144. Tersedia decal sheet besar untuk marking lengkap Typhoon milik RAF dan Luftwaffe. 

Load out yang disediakan Revell pada kit 1/144 ini termasuk istimewa. Tersedia sepasang drop tank dengan surface detail yang bagus. Revell menyediakan pilihan rudal lengkap, tidak hanya Sidewinder dan AMRAAM, tapi juga IRIS-T dan METEOR. Selain itu Revell juga menyediakan dua jenis rudal stand off Storm Shadow dan Taurus KEPD, masing-masing sepasang. Kedua rudal unik ini jarang ada di 1/72, apalagi 1/144. Semua rudal beserta pylon-nya dilengkapi marking dalam bentuk decal untuk tampilan realistis. Memasang decal super kecil pada rudal dan pylon yang juga kecil adalah tantangan besar bagi mata dan tangan modeler. Tapi jika dilakukan dengan benar akan menjadi model 1/144 yang bisa dengan bangga dipajang di sebelah kit 1/48 sekalipun.