Bronco 1/350 Kilo (Sold Out)

Sold Out
  • Bronco 1/350 Kilo
    Bronco 1/350 Kilo
  • Bronco 1/350 Kilo instruction
    Bronco 1/350 Kilo instruction
  • Bronco 1/350 Kilo hull
    Bronco 1/350 Kilo hull
  • Bronco 1/350 Kilo parts
    Bronco 1/350 Kilo parts

Russia dan Amerika punya strategi maritim yang berbeda. Amerika mengandalkan dominasi samudera Atlantik dan Pasifik untuk menjaga konflik jauh dari negaranya. Sementara Russia memanfaatkan luasnya wilayah dan sumber daya massif untuk menghabisi siapapun yang berani menginvasi. Kurang lebih biarkan musuh masuk jauh kedalam medan Russia yang luas dan berat, lalu potong jalur logistiknya. Sehingga kekuatan maritim Russia punya tugas pokok tambahan untuk mengganggu jalur logistik laut lawan, termasuk pada perairan dangkal.

Kapal selam konvensional diesel-elektrik kelas Kilo adalah salah satu wujud implementasi strategi Russia tersebut. Mesin diesel digunakan untuk berlayar di/dekat permukaan sekaligus mengisi baterai. Saat berlayar dengan mesin diesel, Kilo berada dalam posisi rawan. Tapi situasi berbalik saat Kilo menyelam dengan tenaga baterai. Pada mode ini nyaris tidak ada komponen bergerak yang bisa mengeluarkan suara. Sebagai perbandingan proses transfer panas pada propulsi nuklir, baik untuk pendinginan maupun ekstraksi tenaga, melibatkan pergerakan fluida yang juga memerlukan pergerakan komponen, menghasilkan sedikit suara yang berpotensi terdeteksi sonar pasif lawan.

Kecepatan bawah air Kilo masih jauh dibawah kapal selam nuklir karena keterbatasan penyimpanan energi di baterai, tapi hal ini membawa keuntungan tersendiri. Kecepatan rendah berarti suara juga lebih rendah, membuat Kilo semakin sulit dideteksi. Kecepatan rendah memang membuat Kilo tidak mampu mengimbangi pergerakan cepat gugus kapal induk US NAVY. Tapi ini tidak masalah karena Russia punya kapal selam nuklir Akula untuk misi tersebut. Kilo yang berukuran kecil bisa berlayar dengan sangat senyap di perairan rendah, siap mengganggu suplai logistik maritim musuh.   

Walau berukuran kecil, daya serang Kilo tidak bisa dianggap remeh. Target kapal selam atau permukaan di jarak dekat bisa dinetralisir dengan berbagai jenis torpedo 533 mm. Rudal anti kapal siap meluncur untuk menetralisir kapal yang ada di jarak lebih jauh. Area denial bisa dilakukan dengan pelepasan ranjau laut. Target di darat bisa dijangkau dengan rudal jelajah. Semua persenjataan tersebut diluncurkan dari posisi tersembuyi dibawah laut melalui 6 tabung torpedo 533mm.

Bronco 1/350 Kilo

Kilo adalah kapal selam konvensional modern dengan bentuk minimalis sehingga kit-nya juga sederhana.

Tadinya kami berencana menulis kalimat diatas, tapi setelah melihat isi kotak lebih detail, pandangan kami terhadap kit ini berubah drastis. Memang benar bahwa Kilo adalah kapal selam modern yang kecil dan minimalis, tapi Bronco menjejalkan sebanyak mungkin detail pada kit 1/350 ini. Area yang menggunakan banyak parts adalah sail masts. Bronco menyediakan part individual untuk periscope, radar, dan beragam part lainnya. Hasilnya detail yang dicetak bisa lebih tajam dan modeler punya pilihan mast apa saja yang ingin dinaikkan. Bronco menyediakan pilihan untuk memasang hydroplane dalam posisi terbuka atau tersimpan. Tersedia dua pilihan propeller (atau biasa disebut screw) 6 atau 7 blade. Bronco mencetak sirip belakang dengan cara yang unik. Setiap sirip terdiri dari 3 parts, memungkinkan rudder dan elevator untuk digerakkan setelah model jadi.

Hull dicetak dengan surface detail yang baik. Recessed panel line dicetak tajam dan konsisten. Beberapa detail hull dicetak dalam part terpisah untuk detail lebih tajam. Hull dicetak atas-bawah, dan bagian bawah bisa diganti dengan blanking plate, mempermudah pembuatan waterline diorama. Modeler yang ingin membuat konfigurasi full hull dibantu dengan display stand yang cukup bagus. Tapi mungkin kit ini terlalu bagus, sangat layak untuk diberi display stand custom dari kayu yang berkualitas. Bronco menyediakan PE name plate untuk memberi sentuhan bagus bagi waterline diorama atau display stand.

Bronco menyediakan decal untuk membuat Kilo milik Russia atau China. Selain itu Bronco juga menyediakan painting guidance dengan beberapa merk cat.

Overall Kilo adalah subjek yang menarik, menunjukkan eksistensi kapal selam konvensional pada era propulsi nuklir. Bronco cukup sukses menjejalkan sebanyak mungkin detail berkualitas pada kit ini. Banyaknya opsi juga sangat membantu untuk membuat model sesuai selera masing-masing modeler. Dari satu kit yang sama, bisa dibuat banyak kemungkinan model yang menarik.