Hobbyboss 1/350 Yasen (Sold Out)

Sold Out
  • Hobbyboss 1/350 Yasen
    Hobbyboss 1/350 Yasen
  • Hobbyboss 1/350 Yasen bow
    Hobbyboss 1/350 Yasen bow
  • Hobbyboss 1/350 Yasen stern
    Hobbyboss 1/350 Yasen stern
  • Hobbyboss 1/350 Yasen hull
    Hobbyboss 1/350 Yasen hull
  • Hobbyboss 1/350 Yasen parts
    Hobbyboss 1/350 Yasen parts
  • Hobbyboss 1/350 Yasen PE
    Hobbyboss 1/350 Yasen PE

Yasen adalah SSN terbaru Russia, dilengkapi teknologi reduksi suara, sensor, dan persenjataan yang luas dan canggih. Diproyeksikan untuk melanjutkan fungsi Akula SSN dan Oscar II SSGN sekaligus.

Yasen memiliki sail menyatu mulus dengan hull seperti SSN Soviet sebelumnya, Alfa dan Akula. Bedanya posisi sail lebih ke depan, mirip dengan SSN Amerika. Ruangan luas di belakang sail digunakan untuk menyimpan VLS. Dimensi lambung Yasen terlalu kecil untuk membawa rudal balistik, tapi sudah cukup untuk membawa VLS berisi rudal jelajah dan anti kapal yang lethal.

Tabung torpedo Yasen dipasang jauh di pinggir, menyediakan cukup tempat di tengah untuk spherical bow sonar raksasa. Selama ini kapal selam Amerika punya keunggulan di sisi deteksi bawah laut dibandingkan dengan Soviet/Russia. Namun spherical bow sonar raksasa beserta sensor canggih lainnya yang ditanam di Yasen mungkin membuat mereka harus lebih hati-hati.

Yasen didisain dengan otomasi ekstensif, butuh awak lebih sedikit dari Virginia. Ada plus minus otomasi ekstensif pada kapal. Lebih sedikit awak berarti lebih sedikit ruang dan resource yang perlu dialokasikan untuk menunjang kehidupan mereka. Lebih sedikit awak yang perlu bertugas di kondisi resiko tinggi kapal selam. Dan alur komando lebih pendek, sehingga perintah bisa dieksekusi dengan lebih cepat dan presisi.

Disisi lain implementasi otomasi ekstensif pada kapal selam sangat menantang. Sistem otomasi harus bisa bekerja sempurna selama misi kapal yang bisa berlangsung berhari-hari. Pada kapal selam nuklir mungkin sampai beberapa bulan. Tapi Russia bukan pemain baru dalam teknologi ini. Dua kelas kapal selam mereka sebelumnya, Alfa dan Akula, sudah mengimplementasikan otomasi ekstensif untuk beroperasi dengan sedikit awak. Tentunya proses tersebut tidak mudah, pasti banyak masalah yang mereka hadapi. Tapi mereka mungkin sudah belajar banyak, dan sudah menyempurnakan sistem otomasi ekstensif sehingga layak dipakai pada kapal selam.   

Hobbyboss 1/350 Yasen

Kami sangat menyukai hull Hobbyboss Yasen ini, benar-benar seperti kapal selam modern aslinya. Dari jauh terlihat mulus seperti seharusnya kapal selam modern. Tapi saat dilihat dari dekat ada beberapa panel line dan surface detail lainnya yang dicetak tajam. Bidang kendali seperti elevator dan rudder dicetak terpisah, bisa dipasang pada pose yang diinginkan.

Yasen adalah kapal selam terbaru Russia, jadi masih wajar kalau ada informasi detail yang beragam. Salah satu yang perbedaan informasi yang diakomodir Hobbyboss adalah bentuk sistem propulsi. Pada kit ini tersedia dua jenis propulsi, yaitu open screw dan shrouded propeller. Kedua pilihan tersebut dicetak dengan bagus, silahkan dipilih sesuai referensi pilihan masing-masing modeler. Berbeda dengan kit kapal selam Hobbyboss 1/350 lainnya, pada kit ini hanya disediakan propeller/screw dari plastik, tidak ada alternative PE. Tapi bentuknya sudah terlihat bagus dan tajam. Selain itu Hobbyboss juga mendisain cetakan sprue untuk melindungi propeller/screw.

Pintu periscope dan sensor mast lainnya disediakan dari bahan PE agar ketebalannya terlihat realistis di skala 1/350. Selain itu tersedia PE nameplate dan display stand. Display stand yang disediakan mungkin terlalu “biasa”. Mokit kapal selam istimewa ini layak dibuatkan display stand yang lebih bagus dari kayu berkualitas. PE nameplate yang disediakan akan menjadi finisihing touch istimewa bagi display base yang Anda buat sendiri.