Revell 1/72 F16 Solo Turk (Sold Out)

Sold Out
  • Revell F16 Solo Turk
    Revell F16 Solo Turk
  • Revell F16 Solo Turk cockpit
    Revell F16 Solo Turk cockpit
  • Revell F16 Solo Turk clear parts
    Revell F16 Solo Turk clear parts
  • Revell F16 Solo Turk fuselage
    Revell F16 Solo Turk fuselage
  • Revell F16 Solo Turk load out
    Revell F16 Solo Turk load out
  • Revell F16 Solo Turk parts
    Revell F16 Solo Turk parts

Biasanya tim aerobatik terdiri dari beberapa fighter yang terbang dengan formasi rapat dan rapi. Solo Turk cukup unik karena tim ini menampilkan aksi dari hanya satu fighter, F-16 block 40. Reduced static stability dan FbW membuat F-16 sangat lincah, mampu melakukan transisi antar manuver dengan cepat. Sistem FbW F-16 hanya bisa beroperasi optimum pada AoA rendah, tapi hal ini memang bagian dari kompromi disain. F-16 bisa jadi tidak mampu bermanuver pada AoA tinggi seperti Hornet apalagi Flanker. Tapi F-16 didisain dengan optimum untuk mempertahankan energi pada saat melakukan manuver dengan turn rate tinggi. Semua potensi manuver F-16 bisa digunakan karena struktur fighter ringan ini cukup kuat untuk menahan gaya gravitasi sampai +9G dan -3G. Jadi walau hanya dengan satu pesawat, kelincahan F-16 sudah cukup untuk demo aerobatik.

Keunikan kedua Solo Turk adalah paint scheme nya. Tim aerobatic lain biasanya menggunakan warna-warna terang. F-16 Solo Turk menggunakan warna dasar hitam yang elegan. Ditambah dengan paduan halus grafik yang membentuk bulan bintang dan elang yang merupakan simbol Turki.

Revell 1/72 F-16 Solo Turk

Saat menerima kit ini, kami kurang yakin apakah benar F-16 skala 1/72. Kotak kit ini berukuran sekitar 35x21x6.5 cm, termasuk sangat besar untuk fighter skala 1/72. Setelah inspeksi isi kotak, ternyata benar ini adalah F-16 skala 1/72. Kotak besar berisi sejumlah besar part untuk menangkap sebanyak mungkin detail.

Revell meyediakan kokpit yang tergolong sangat detail untuk 1/72. Cockpit tub diengkapi raised relief side panel. Throttle dan side stick dicetak dengan part terpisah untuk resolusi detail lebih tajam. Ejection seat tersusun dari 3 part untuk menangkap bentuknya dengan baik. Instrument panel tidak datar, tapi banyak fitur seperti aslinya, dan juga diperkaya decal. Semua detaling di area ini akan terlihat jelas dari luar berkat canopy jernih yang juga bisa dipasang pada posisi terbuka.

Detail di area landing gear juga sangat memuaskan. Dimulai dari main landing gear bay yang tersusun dari tiga part untuk memungkinkan pencetakan relief kompleks. Sebuah fitur yang umum di skala 1/48, tapi sekarang ada di kit 1/72 ini. Beragam struts kompleks landing gear F-16 juga disediakan lengkap. Bahkan sisi dalam landing gear door juga dilengkapi relief detail.

Breakdown intake dirancang untuk mensimulasikan bentuk intake kompleks F-16 dengan sebaik mungkin. Cukup dalam dan jalur intake yang sedikit naik pun terlihat dari luar. Exhaust petal juga dicetak dengan sangat baik. Garis petal tidak sekedar lurus, tapi ada patahan di ujung seperti aslinya. Di dalam terdapat detail turbine face.

Revell menyediakan load out F-16 modern yang cukup lengkap di sprue. Terlihat part untuk tiga drop tank, ECM pod, HARM, AMRAAM, dan LGB. Tapi untuk versi Solo Turk, instruction sheet hanya menunjukkan pemakaian Sidewinder yang dimodifikasi menjadi smoke generator.

Paint scheme Solo Turk termasuk sangat kompleks. Revell membantu modeler dengan instruction sheet yang cukup jelas. Tersedia satu lembar yang menjelaskan pola cat dasar tanpa decal yang cukup mudah diikuti. Lalu tersedia lembaran kedua berisi petunjuk penempatan sejumlah besar decal diatas cat dasar tadi.