Tamiya 1/24 Ford GT (Sold Out)

Sold Out
  • Tamiya Ford GT
    Tamiya Ford GT
  • Tamiya Ford GT chassis
    Tamiya Ford GT chassis
  • Tamiya Ford GT clear parts
    Tamiya Ford GT clear parts
  • Tamiya Ford GT engine
    Tamiya Ford GT engine
  • Tamiya Ford GT body
    Tamiya Ford GT body
  • Tamiya Ford GT parts
    Tamiya Ford GT parts

Kenikmatan mengendarai supercar tidak hanya saat memacu mesin sampai batas maksimal di lintasan lurus, tapi juga saat menikung di kecepatan tinggi. Butuh gaya sentripetal besar dari gesekan ban dengan jalan untuk menikung tajam dengan kecepatan tinggi. Gesekan besar bisa didapatkan dengan menjaga konsistensi kontak ban-jalan menggunakan sistem suspensi bagus, meningkatkan koefisien gesekan dengan ban berkualitas, dan memperbesar gaya tekan mobil ke jalan.

Cara termudah memperbesar gaya tekan ke jalan adalah dengan menambah bobot mobil. Cara ini mungkin tepat untuk mobil harian, tapi tidak sesuai untuk mobil sport yang harus punya akselerasi besar. Metode yang lebih sesuai untuk mobil sport yang didisain untuk menikung di kecepatan tinggi adalah dengan menggunakan aerodynamic down force. Beberapa mobil sport dilengkapi sayap terbalik yang mampu menghasilkan lift ke bawah. Memberi tambahan gaya tekan ke jalan untuk memperbesar gaya gesekan agar bisa menikung tajam dengan penambahan bobot minim. Tapi lift tidak gratis, manipulasi aliran udara untuk menghasilkan lift juga akan menghasilkan drag yang bisa membatasi kecepatan mobil.

Ford GT adalah mobil yang didisain untuk menghasilkan cukup downforce dengan tetap meminimalisasi drag. Dari jauh, Ford GT terlihat seperti mobil biasa tanpa sayap besar. Tapi saat dilihat dari dekat, mobil ini ternyata dilengkapi sayap, intake, dan berbagai perangkat aerodinamika lain yang terintegrasi dengan cantik pada body mobil. Reduksi drag bisa terlihat dari body yang berbentuk seperti airfoil. Konon Ford GT memakai mesin V6 yang lebih kecil agar bisa muat di body airfoil tersebut. Tinggi kabin juga dipertahankan rendah dengan posisi kursi yang fix, tidak seperti mobil lain yang posisi kursi bisa di set maju-mundur. Dengan cara ini kepala pengendara akan berada di posisi yang pasti, atap kabin bisa didisain lebih rendah pas dengan posisi kepala tersebut. Kenyamanan pemakaian didapat dari posisi setir dan pedal yang bisa di set sesuai dengan ukuran tubuh pengendara.   

Tamiya 1/24 Ford GT

Ford GT adalah mobil yang memiliki bentuk aerodinamis kompleks. Tamiya merepresentasikan kompleksitas tersebut dengan body utama sederhana dan banyak part detail. Bahkan panel chassis bawah pun dirakit dari beberapa part untuk menangkap bentuk kompleksnya. Biasanya hal ini akan menyebabkan fitting issue, tapi Tamiya terkenal dengan part yang super presisi. Dengan lem dan teknik yang tepat, part Tamiya akan menyatu dengan mulus.

Body kompleks juga berarti jendela kompleks. Tamiya menyediakan clear sprue besar berisi banyak part jernih untuk merepresentasikan hal ini. Taminya juga menyediakan pre cut mask untuk pengecatan akurat pinggiran clear part. Lampu belakang Ford GT yang merangkap lubang buangan udara pendingin juga direpresentasikan dengan sangat baik. 

Tamiya mungkin menyadari bahwa bentuk eksternal Ford GT sudah cukup kompleks, dan mobil ini akan terlihat sangat cantik dalam kondisi clean. Sehingga mereka mencetak body dengan pintu dan kap mesin tertutup. Tamiya tidak menyediakan full engine dan transmission yang memang tidak akan terlihat dari luar. Sebagai gantinya tersedia bagian atas engine yang terlihat dari jendela ruang mesin dengan sangat detail. Dilanjutkan dengan sistem suspensi dan rem detail yang juga terlihat dari luar. Dengan cara ini model eksternal Ford GT bisa dibuat sedetail mungkin dengan proses perakitan yang relatif sederhana.

Satu hal yang kami sangat suka dari kit ini adalah minimnya chrome plated parts. Tamiya hanya menyediakan velg dan beberapa part berlapis chrome dengan shade yang terlihat bagus. Modeler bebas mengecat warna metal dengan car favorit mereka tanpa perlu repot membuang chrome bawaan terlebih dahulu. Tamiya juga menyediakan metal transfer sticker untuk membuat kaca spion yang realistis.