Zvezda 1/72 Mi24V Hind E (Sold Out)

Sold Out
  • Zvezda Hind E
    Zvezda Hind E
  • Hind E features
    Hind E features
  • Hind E rotor
    Hind E rotor
  • Hind E parts
    Hind E parts

Jika Amerika punya Huey untuk angkut pasukan dan Cobra untuk serbu, maka Soviet punya Hind untuk melakukan kedua fungsi tersebut. Hind dioperasikan oleh pilot dan operator sistem senjata di kokpit tandem. Pilot duduk di belakang  memiliki tugas utama untuk menerbangkan heli dan juga bisa menembakkan kanon pada posisi netral dan roket tanpa pemandu. Sementara operator sistem senjata menangani beragam sensor dan persenjataan Hind. Di belakang kokpit terdapat kabin besar yang mampu memuat 8 pasukan bersenjata lengkap.

Hind dilengkapi sepasang sayap besar dengan 3 pylon untuk membawa banyak persenjataan seperti rocket launcher, gun pod, fuel tank, beragam bom jatuh bebas dan rudal. Arsenal anti-tank utama Hind adalah rudal AT-6 Spiral yang terbungkus rapi dalam tabung peluncur. Rudal ini memang kecil, tapi mampu menembus kecepatan suara dan memiliki kemampuan penetrasi armor sangat bagus. Hind biasanya membawa 8 Spiral dan bisa membawa maksimum 16 rudal anti-tank lethal ini.   

Selain membawa persenjataan, sayap Hind juga memiliki peran vital untuk memberikan daya angkat tambahan. Kemampuan untuk membawa sejumlah besar persenjataan sekaligus pasukan dalam kabin membuat Hind jadi besar dan berat. Mesin hind akan kesulitan menyediakan daya angkat cukup untuk terbang vertikal ataupun hovering. Hind bisa melakukan kedua hal ini, tapi heli ini akan bekerja lebih efisien saat dibantu gaya angkat sayap. Hal ini berarti Hind sering melakukan rolling take off agar sayap bisa memberi daya angkat efektif. Di udara Hind juga lebih nyaman beroperasi pada kecepatan tinggi.     

Kecepatan Hind yang tinggi untuk ukuran heli membuatnya cocok untuk melaksanakan fungsi interceptor. Tentu saja bukan untuk mencegat fighter supersonic NATO apalagi SR-71 mach 3. Kecepatan Hind membuatnya sempurna untuk mencegat pesawat propeler yang terbang lambat dan rendah. Di tengah perang dingin, Mathias Rust pernah berhasil menerbangkan Cessna 172 menembus pertahanan udara Soviet dan bahkan sampai mendarat di Red Square. Menurut dokumentasi yang ada, misi Mathias Rust termasuk mulia, untuk membantu perdamaian blok barat dan timur. Tapi hal ini juga berarti sistem pertahanan udara canggih yang dioptimasi untuk menyergap jet kecepatan tinggi ternyata cukup rawan disusupi pesawat terbang lambat dan rendah.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa Hind ditempatkan dekat stasiun radar Soviet. Hind mampu segera scramble dan terbang cepat ke titik penyergapan. Hind memiliki kecepatan dan kemampuan manuver setara dengan pesawat propeller. Penyusup bisa dipaksa mendarat di wilayah yang dikuasai Soviet menggunakan postur Hind yang mengintimidasi dan tembakan peringatan dari kanon jika dibutuhkan. Hind kemudian mendarat di dekat penyusup untuk mengamankan sampai pasukan kawan datang.

Zvezda 1/72 Mi24V VP Hind E

Pada kit ini terdapat tiga pilihan marking, yaitu:

-       Mi-24V Afghan 1982

-       Mi-24V Afghan 1988

-       Mi-24VP Naval aviation Baltic fleet 2001

Dan tidak hanya beda decal dan paint scheme saja. Tapi juga berbeda beberapa komponen yang ditunjukan dengan jelas pada instruction sheet. Sebagai contoh kanon untuk varian V dan VP berbeda laras dan turret.

Selain itu Zvezda juga menyediakan pilihan untuk membuat Hind dalam posisi siap terbang semua tertutup rapi, atau sedang dimaintain dengan banyak pilihan panel terbuka. Jendela kokpit bisa dipasang di posisi terbuka. Didalamnya ada panel yang diperkaya decal dan opsi pilot figure. Zvezda juga menyediakan mesin yang detail. Bisa terlihat jelas dari luar berkat panel yang bisa dibuka.

Ketiga opsi marking plus pilihan untuk membuka kokpit dan engine panel membuat instruction sheet menjadi cukup kompleks. Modeler sebaiknya menentukan dari awal pilihan marking dan konfigurasi apa yang ingin dibuat. Lalu tinggal ikuti poin instruksi yang tepat untuk konfigurasi yang dipilih.

Zvezda juga menyediakan fitur yang cukup langka pada kit ini, yaitu main rotor blade yang sudah dicetak sedikit melengkung kebawah. Bentuk main rotor blade menjadi seperti heli aslinya saat di darat.

Tersedia cukup load out untuk mengisi penuh setiap pylon Hind E. Mulai dari 4 rudal anti-tank AT-6. Lalu ada pilihan 2 rocket launcher, 2 gun pod, dan sepasang drop tank atau bom.