Kinetic 1/48 F16 NSAWC (Sold Out)

Sold Out
  • Kinetic F16 NSAWC
    Kinetic F16 NSAWC
  • Kinetic F16 NSAWC upper fuselage
    Kinetic F16 NSAWC upper fuselage
  • Kinetic F16 NSAWC ACMI pod
    Kinetic F16 NSAWC ACMI pod
  • Kinetic F16 NSAWC main part
    Kinetic F16 NSAWC main part
  • Kinetic F16 NSAWC air missiles
    Kinetic F16 NSAWC air missiles
  • Kinetic F16 NSAWC parts
    Kinetic F16 NSAWC parts
  • Kinetic F16 NSAWC lower fuselage
    Kinetic F16 NSAWC lower fuselage
  • Kinetic F16 NSAWC JDAM
    Kinetic F16 NSAWC JDAM
  • Kinetic F16 NSAWC tail
    Kinetic F16 NSAWC tail

Sejak awal F-16 didisain oleh John Boyd sebagai fighter ringan yang lincah. Mampu melakukan serangkaian maneuver efektif tanpa kehilangan terlalu banyak energi. Jadi dengan pengendalian yang tepat, F-16 mampu dogfight dengan serangkaian manuver G tinggi dengan endurance cukup lama walau hanya dibekali sedikit bahan bakar di ruang internal yang sangat terbatas.

Kemampuan tersebut ada harganya. Boyd mendisain F-16 dengan ukuran sekecil mungkin sehingga hanya menyisakan sedikit sekali ruang untuk peralatan tambahan. Untuk urusan persenjataan pun F-16 direncanakan hanya dibekali kanon dan Sidewinder yang relatif kecil dan ringan. Radar dan avionik F-16 aslinya pun dibuat minimalis untuk mendukung dua persenjataan jarak dekat ini.

Tapi F-16 berkembang cukup jauh dari disain aslinya. Fighter ini berubah fungsi dari light weight fighter menjadi multi role fighter. Berbagai sistem dijejalkan untuk menambah kemampuan misi air-to-ground. Arsenal air-to-air pun dilengkapi dengan kemampuan BVR dengan konsekuensi penambahan perangkat pendukungnya. F-16 modern sering terlihat ditempeli banyak perangkat eksternal dan pylon terisi penuh. Di satu sisi kemampuan F-16 menjadi lebih sesuai dengan pola ancaman real terbaru. Tapi disisi lain penambahan kemampuan tesebut akan diikuti dengan penambahan berat dan drag. Walau mungkin penambahan berat dan drag cukup minim, tapi tetap mengurangi kelincahan dan efisiensi F-16 aslinya.  

Para pilot skuadron aggressor NSAWC US NAVY adalah beberapa yang beruntung bisa merasakan performa asli F-16. Mereka memakai F-16 A/B yang masih relatif sederhana dibandingkan varian akhir F-16. Load out eksternal umumnya sangat bersih dengan centerline tank dan Sidewinder/ACMI pod di wingtip. Mereka menerbangkan F-16 pada konfigurasi bobot dan drag minim, menghasilkan performa maksimum fighter ringan tersebut. Sehingga F-16 aggressor NSAWC memiliki flight envelope luas dan mampu mensimulasikan kemampuan manuver beragam musuh potensial. 

Kinetic 1/48 F-16 A/B NSAWC anniversary

Catatan:

Kondisi part bisa jadi tidak sempurna. Komponen halus seperti static wick pada ujung sayap, rudder, dan elevator dalam kondisi patah. Part utama dalam kondisi utuh dan terbungkus rapi di kantong plastik masing-masing. Tidak ada cacat besar yang terlihat,  tapi bisa jadi ada sedikit warping yang perlu diluruskan dengan air panas.

Jika kedua kekurangan diatas bisa diatasi dan ditoleransi, maka silahkan baca lebih lanjut untuk melihat salah satu kit F-16 1/48 paling detail dan dilengkapi sejumlah besar load out.

Canopy F-16 nyaris tanpa framing, sehingga detail kokpit sangat menentukan tampilan model F-16. Kinetic menyediakan detail instrument dan side panel dalam bentuk raised relief untuk menghasilkan efek 3D yang meyakinkan. Rudder pedal, side stick, dan throttle disediakan dalam part terpisah. Ejection seat dirakit dari 6 part untuk menangkap detailnya semaksimal mungkin. Canopy bisa dipasang di posisi terbuka dengan part actuator yang sesuai. Semua detail ini tersedia dalam pilihan single seater dan twin seater.

Area kedua yang mendapat sentuhan detail ekstra adalah landing gear. Kinetic berusaha menangkap detail main landing gear bay selengkap mungkin dengan sejumlah besar part. Nose landing gear F-16 mungkin terlihat sederhana dari luar, tapi didalamnya ada beberapa struts yang disediakan lengkap oleh Kinetic. Proses perakitan ditunjukan dengan jelas dalam beberapa step sehingga semua struts bisa dipasang dengan benar di tempatnya. Sisi dalam landing gear bay door juga dilengkapi relief detail.

Intake trunk disediakan lengkap sampai ke compressor face. Detail internal exhaust ditangkap dengan baik menggunakan sejumlah part lengkap sampai ke turbine face. Airbrake dicetak menyatu ke fuselage dalam posisi tertutup, mempermudah pembuatan konfigurasi clean. Tapi bisa dibuka dengan memotong sesuai posisi yang ditunjukkan dalam instruction sheet. Di sisi dalamnya sudah ada relief detail dan bisa dibuka dengan sudut yang tepat menggunakan part actuator. Leading edge flaps, training edge faps, dan rudder dicetak terpisah untuk mempermudah pembuatan pose dinamis.

Kinetic menyediakan ACMI pod detail yang biasa dibawa aggressor NSAWC. Selain itu pada kit ini juga tersedia sejumlah besar load out untuk F-16 umumnya seperti: 3 drop tank, ECM pod, Maverick, LGB, JDAM, AMRAAM, dan Sidewinder.

Selain ACMI pod, yang membuat F-16 NSAWC spesial adalah paint scheme yang meriah. Tersedia dua pilihan marking untuk F-16A (no 53 dan 60) dan sebuah opsi untuk F-16B (no 04).