Revell 1/72 Eurofighter Typhoon (Sold Out)

Sold Out
  • Revell 1/72 Eurofighter Typhoon
    Revell 1/72 Eurofighter Typhoon
  • Revell 1/72 Typhoon load out
    Revell 1/72 Typhoon load out
  • Revell 1/72 Typhoon parts
    Revell 1/72 Typhoon parts
  • Revell 1/72 Typhoon parts 2
    Revell 1/72 Typhoon parts 2
  • Revell 1/72 Typhoon intake detail
    Revell 1/72 Typhoon intake detail
  • Revell 1/72 Typhoon AMRAAM
    Revell 1/72 Typhoon AMRAAM

Yesterday we had raptor salad for lunch

Yups itu adalah komentar pihak Jerman saat Eurofighter Typhoon mereka berhasil menggasak F-22 Raptor dalam simulasi dogfight di Red Flag exercise. Simulasi ini memang kontroversial, banyak pihak yang mengatakan bahwa rules of engagement tidak realistis dan terlalu berpihak ke Typhoon. Namun simulasi ini tetap membuktikan bahwa dalam kondisi yang tepat, Typhoon mampu mengalahkan stealth fighter generasi terbaru.

Kami kesulitan untuk mendapat detil simulasi dogfight Typhoon vs Raptor, namun dari berbagai sumber bisa diprediksi kemungkinan yang terjadi. Pada jarak BVR, RCS Raptor yang super kecil membuatnya mampu meluncurkan AMRAAM sebelum terdeteksi. Pertempuran akan sedikit berimbang jika Typhoon bisa menghindari AMRAAM dan menutup jarak sampai 50km. Pada jarak ini sensor IRST Pirate milik Typhoon bisa mendeteksi target besar dan panas seperti Raptor. Manuverabilitas, ECM, dan towed decoy adalah peluang Typhoon untuk selamat dari terjangan AMRAAM.

Saat pertempuran masuk ke jarak dekat (WVR), situasi sedikit berubah. Typhoon didisain dengan keseimbangan airframe-engine yang bagus. Komposisi lift, drag, thrust, dan weight dihitung cermat untuk memenuhi kriteria sebagai energy fighter, mampu melakukan serangkaian maneuver tajam tanpa banyak kehilangan energi. Dengan taktik yang tepat posisi defensive bisa berubah jadi offensive, dan secara bertahap posisi dan energi akan semakin menguntungkan bagi Typhoon.

Typhon bahkan tidak perlu mengarahkan hidungnya kearah musuh untuk menembakkan rudal. Pilot Typhoon dilengkapi dengan Helmet Mounted Sight (HMS), cukup menoleh kearah musuh untuk mengunci rudal. Sebagai catatan Raptor generasi awal belum dilengkapi HMS. Posisi rudal yang digantung di pylon eksternal memang merugikan dalam pertempuran BVR, tapi punya manfaat di WVR. Bidang pandang seeker rudal tidak terhalang, mempercepat proses penguncian dan peluncuran. Waktu adalah komoditas yang sangat berharga dalam pertem[uran WVR. Raptor juga mampu membawa rudal di pylon eksternal, tapi itu bukan pilihan bijaksana saat menghadapi Typhoon. RCS membengkak, rudal METEOR (punya jangkauan lebih jauh dari AMRAAM) milik Typhoon bisa menemukan sasarannya dengan mudah.  

Revell 1/72 Eurofighter Typhoon.

Revell adalah pabrikan mokit yang selalu all-out saat membuat model pesawat Jerman, apalagi fighter terbaru Eurofighter Typhoon. Satu-satunya kekurangan yang kami lihat pada Revell 1/72 Eurofighter Typhoon ada di area packing. Revell telah membuat kit luar biasa tapi di packing dengan sangat buruk. Semua sprue dibungkus dalam satu kantong plastik lalu dibungkus lagi dengan kotak karton tipis bukaan samping. Proteksi terhitung sangat minim. Untungnya kualitas plastik Revell sangat baik, parts sampai dalam kondisi baik walau ada beberapa yang lepas dari sprue.

Instruction sheet Revell mungkin terlihat ketinggalan jaman. Tapi saat diperhatikan benar-benar, 43 step di instruction sheet sangat membantu merakit mokit kompleks ini. Revell menggambarkan setiap langkah perakitan dengan jelas. Area yang perlu perhatian khusus, modifikasi tambahan, dan penahan sementara digambarkan dengan jelas.

Kit ini terdiri dari 7 sprue grey styrene dan 2 sprue clear. Walau tanpa PE, plastik sudah dicetak dengan ketajaman yang baik. Cacat pencetakan yang terlihat hanya flash yang bisa dirapikan dengan sangat mudah. Panel line sudah beraliran recessed, halus, dan konsisten.

Kokpit, landing gear, intake, dan exhaust dapat sentuhan detail yang sangat baik. Ejection seat saja tersusun dari 5 parts, ditambah lagi part tambahan untuk control stick dan throttle. Instrument panel fighter modern didominasi layar LCD, direpresentasikan dengan cukup baik menggunakan decal. Landing gear bay dicetak cukup dalam dan diperkaya detil internal yang bagus. Intake disusun dari beberapa parts untuk menangkap bentuk kompleksnya. Revell menyediakan dua versi exhaust yaitu konvergen dan divergen. Di dalamnya juga disediakan turbine face. Dorsal airbrake bisa dipasang dalam posisi ter-deploy. Refueling probe juga bisa dipasang dalam posisi extended.

Keunggulan kit ini ada di load out. Tersedia air-to-air missile lengkap : 4x AMRAAM, 4x Meteor, 2x Sidewinder, 2x ASRAAM, dan 2x IRIS-T. Rudal standoff Storm Shadow dan Taurus juga disediakan di kit ini. Sepasang drop tank tidak lupa ikut disediakan. Rudal yang berbentuk kompleks seperti METEOR, Storm Shadow, dan TAURUS dibuat dalam beberapa parts untuk detail maksimum. Semua Rudal dan pylon dilengkapi decal untuk tampilan realistis.

Tersedia marking untuk negara Eropa pemakai awal Eurofighter seperti Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, dan Austria. Decal yang disediakan sangat banyak, perlu effort lumayan untuk memasang semuanya, tapi hasilnya akan mantap.

Overall, jika anda ingin mokit pesawat buatan/pernah dioperasikan Jerman, carilah buatan Revell.